Jumat 02 Apr 2021 20:13 WIB

Rahasia Surat Al Waqiah tak Hanya Rezeki, Lalu Apa Saja?

Surat Al Waqiah mempunyai sejumlah rahasia khusus untuk umat Islam

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Surat Al Waqiah mempunyai sejumlah rahasia khusus untuk umat Islam. Ilustrasi Alquran
Foto: republika
Surat Al Waqiah mempunyai sejumlah rahasia khusus untuk umat Islam. Ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Surat Al Waqiah termasuk salah satu surat favorit yang kerap dibaca umat Islam sehari-hari. Apa rahasia surat ini?

Surat Al Waqiah disebut memiliki kandungan yang menjelaskan mengenai dahsyatnya hari kiamat. Surat ini turun di Makkah, sebelum Rasulullah ﷺ dan sahabatnya hijrah ke Madinah. 

Baca Juga

Dilansir dari laman Mawdoo3 pada Kamis (1/4), surat ini disebut telah membuat rambut Nabi ﷺ beruban.  

عن ابنِ عبّاسٍ قالَ : قالَ أَبُو بَكْر رضي الله عنه: “يَا رَسُولَ الله قَدْ شِبْتَ. قالَ: شَيّبَتْنِي هُودٌ وَالْوَاقِعَةُ وَالمُرْسَلاَتُ و {عَمّ يَتَسَاءَلُونَ} و {إِذَا الشّمْسُ كُوّرَتْ}"

 

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, dia berkata, "Abu Bakar Radhiyallahu Anhu berkata, 'Wahai Rasulullah! Engkau telah beruban'. Beliau ﷺ menjawab: 'Telah membuatku beruban (surat) Huud, Al Waqiah, Al Mursalat, An Naba, dan At Takwir." Disebutkan juga bahwa Rasulullah ﷺ begitu ingin membaca surat ini dalam sholatnya. 

Di samping itu, ada yang menyebutkan bahwa dengan membaca Al Waqiah dapat diberikan kekayaan. Di antaranya hadist yang cukup terkenal ini meski derajat haditsnya lemah:

 مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا "Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, maka dia tidak akan jatuh miskin selamanya." 

Surat yang turun sebelum Rasulullah ﷺ hijrah ini, memiliki total 96 ayat. Alasan penamaan al Waqiah yakni karena banyak disebutkan terkait hari kiamat di dalamnya. Kiamat merupakan hari yang begitu besar, karena dahsyat dan mengerikannya kondisi yang terjadi pada saat itu. 

 

Sumber: mawdoo3

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement