Senin 29 Mar 2021 20:28 WIB

Keuntungan Mereka yang Baca Lalu Amalkan Alquran

Alquran diturunkan sebagai hidayah bagi pera pembacanya

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran diturunkan sebagai hidayah bagi pera pembacanya. Ilustrasi membaca Alquran
Foto:

Dalam kitab Al Itqan Fi Ulumil Quran dijelaskan tentang fungsi-fungsi Alquran. Prof Didin menjelaskan di antaranya adalah Alquran sebagai undang-undang kehidupan bagi umat. Selain itu Alquran juga disebut sebagai hidayatul Khaliq yakni petunjuk dari Yang Mahamenciptakan yakni Allah. 

Alquran juga sebagai syariat atau aturan Allah untuk penduduk di muka bumi. Prof Didin mengatakan dalam kitab tersebut juga disebutkan bahwa Alquran juga adalah cahaya ketuhanan dan sebagai hidayah dari langit. 

"Barang siapa membaca, melaksanakan Alquran dia ingin mendapatkan cahaya rabbani. Karena Alquran adalah Annur Rabbani. Siapa yang membacanya, mengamalkannya maka ia ingin mengundang hidayah," jelas Prof Didin dalam kajian virtual  Masjid Al Hijri kota Bogor yang disiarkan langsung di akun YouTube Kalam TV beberapa hari lalu. 

Prof Didin menjelaskan Alquran juga adalah berisi syariat yang bersifat universal, tidak terbatas ruang dan waktu, dan tidak bersifat sementara alias kekal. Yakni syariat yang menanggung, menjawab segala persoalan yang dibutuhkan manusia secara jelas dan gamblang. 

Sebab Alquran adalah kitab yang sempurna. Setiap ayat yang ada dalam Alquran menjawab setiap kebutuhan manusia. Alquran jelas Prof Didin menjawab setiap sendi kehidupan manusia, baik dalam akidah, ibadah, akhlaq, muamalah, politik, ekonomi, kepemimpinan, hukum, dan lainnya. 

Alquran juga memberikan tuntunan tentang menjalin hubungan internasional untuk saling tolong menolong dalam kebaikan antar satu bangsa dengan bangsa lainnya.

Prof Didin menjelskan dari seluruh ayat yang ada dalam Alquran tidak satupun terjadi kecacatan dalam struktur kalimatnya dan tidak ada ayat yang saling bertentangan satu dengan lainnya. Alquran juga menjadi obat jiwa dan jawaban dari masalah-masalah yang dihadapi manusia. 

 

"Kita akan mendapatkan kebahagiaan yang sesungguhnya ketika kita dengan sadar, dengan ikhlas, melaksanakan Alquran dalam kehidupan kita. Tak akan pernah dicapai kebahagiaan Alquran kecuali dengan hidayah Alquran," jelasnya.

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement