Sabtu 27 Mar 2021 10:39 WIB

Tahun Duka Cita Bagi Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad kehilangan pamannya dan istrinya Khadijah di tahun yang sama.

Tahun Duka Cita Bagi Nabi Muhammad SAW
Foto:

Mereka meminta Abu Thalib memanggil Muhammad. Intinya mereka akan memberikan apa yang diminta Muhammad, asal Muhammad berhenti mengganggu mereka. “Muhammad harus membiarkan kami dengan agama kami, kami pun akan membiarkan dia dengan agamanya. “

Setelah mendengarkan tawaran mereka, Nabi menjawab: ”Bagaimana pendapat kalian kalau kusampaikan satu kalimat saja, yang kalau kalian ucapkan, kalian akan merajai bangsa Arab dan bangsa asing akan tunduk kepada kalian.” Mendengar ucapan Nabi itu Abu Jahal dengan tidak sabar segera menukas: “Satu kalimat apa yang engkau maksud? Kami bisa memberimu sepuluh kali lipat.”

Dengan tegas Nabi berkata: “Kalian harus mengucapkan La ilaha illallah dan meninggalkan apa yang kalian sembah selain Dia.” Mendengar jawaban itu, mereka bertepuk tangan lalu berkata:”Hai Muhammad ,apakah engkau ingin tuhan-tuhan itu menjadi satu Tuhan saja? Aneh sekali agamamu ini”.

Salah seorang di antara tokoh Qurasy itu berkata: “Demi Allah orang ini tidak mau memberi sedikitpun dari yang kalian inginkan. Pergilah kalian dan pertahankan agama leluhur kalian sampai Allah memberikan keputusan antara kalian dan dirinya.” Setelah itu mereka pulang ke rumah masing-masing.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement