Rabu 17 Mar 2021 12:33 WIB

Empat Manfaat Bersedekah

Ada banyak manfaat yang akan dirasakan ketika bersedekah

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Sedekah
Foto:

3. Sedekah meringankan kesulitan

Memberi kepada mereka yang kesulitan bisa menjadi solusi untuk meringankan kesulitan yang sedang Anda hadapi. Anda bisa mendapat perspektif baru dari mereka dan semakin bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan.

Rasulullah bersabda, “Lihatlah orang yang di bawah kalian dan janganlah melihat orang yang di atas kalian, sebab hal itu akan mendidik kalian untuk tidak meremehkan nikmat Allah,” (HR Bukhari dan Muslim).

Saat Hari Kebangkitan nanti, Anda akan dihadapkan dengan segala perbuatan dan diminta pertanggung jawaban. Amalan sedekah bisa membantu Anda melalui itu.

4. Sedekah bisa menebus dosa

Dalam hidup ini, semakin banyak dosa yang dilakukan, semakin menurun reputasi dan kehormatan kita. Dengan bersedekah, bisa memperbaiki harga diri kita. Rasulullah bersabda, “Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah swt akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya,” (HR Muslim).

Selain itu, bersedekah juga merupakan salah satu cara agar kita diampuni oleh Allah. Rasulullah bersabda, “Bersedekah dapat memadamkan dosa seperti air memadamkan api,” (HR Ibnu Majah).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement