Jumat 05 Mar 2021 23:17 WIB

10 Kewajiban Umat Islam Era Kemunduran Saat Ini (2-Habis)  

Kemunduran yang dialami umat Islam saat ini perlu topangan doa dan ikhtiar

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Kemunduran yang dialami umat Islam saat ini perlu topangan doa dan ikhtiar. Ilustrasi umat Islam
Foto:

Kedelapan, memiliki tanggung jawab. Tanggung jawab seorang muslim terhadap agamanya dan umatnya merupakan bukti keimanan. Mereka yang yang mempelajari Alqur'an dan hadits akan menemukan banyak bukti yang menunjukkan bahwa semua Muslim bertanggung jawab atas agamanya.

Agar umat Islam selamat dari kesengsaraan dan kemunduran, maka umat Islam pun harus berusaha keras untuk mengubah nasib bangsanya sendiri. Allah SWT berfirman:

ذَٰلِكَ بِأَنَّ اللَّهَ لَمْ يَكُ مُغَيِّرًا نِعْمَةً أَنْعَمَهَا عَلَىٰ قَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۙ وَأَنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ “Yang demikian itu karena sesungguhnya Allah tidak akan mengubah suatu nikmat yang telah diberikan-Nya kepada suatu kaum, hingga kaum itu mengubah apa yang ada pada diri mereka sendiri. Sungguh, Allah Mahamendengar, Mahamengetahui,” (QS Surat al-Anfal: 53).

Kesembilan, bersama pemimpin yang setia kepada Allah. Di era kemundurannya ini, umat Islam harus berkumpul bersama para pemimpin yang setia kepada Allah, dan memilih mereka untuk menjadi pemimpinnya, sehingga umat Islam bisa terbebas dari kemunduran dan penindasan.

Radwan bin Ahmad menjelaskan bahwa hal ini sangat penting, karena sebuah bangsa yang tidak berkumpul dengan seorang pemimpin yang setia pada agamanya dan bangsanya, akan bertemu dengan kemunafikan.

Tugas umat Islam adalah mengangkat orang-orang shalih dari kalangan umat Islam dan yang paling berkuasa di antara mereka, sehingga kebaikannya akan mendorongnya untuk bekerja yang bermanfaat bagi agama dan bangsanya. Pemimpin yang diusung itu pun harus kuat dan dapat dipercaya. Allah SWT berfirman: 

قَالَتْ إِحْدَاهُمَا يَا أَبَتِ اسْتَأْجِرْهُ ۖ إِنَّ خَيْرَ مَنِ اسْتَأْجَرْتَ الْقَوِيُّ الْأَمِينُ “Dan salah seorang dari kedua (perempuan) itu berkata, “Wahai ayahku! Jadikanlah dia sebagai pekerja (pada kita), sesungguhnya orang yang paling baik yang engkau ambil sebagai pekerja (pada kita) ialah orang yang kuat dan dapat dipercaya.” (QS Al-Qasas: 26).

Kewajiban yang kesepuluh, berdoa. Kewajiban umat Islam yuang terakhir ini tidak boleh diabaikan. Karena, dengan berdoa umat Islam menunjukkan kelemahannya sebagai hamba Allah. Dalam Surat Ghafir ayat 60, Allah berjanji akan mengabulkan doa dari umatnya.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَك "Dan Tuhanmu berfirman: 'Berdoalah kalian kepadaKu, niscaya akan Kukabulkan bagi kalian'." (QS Ghafir: 60).

Seluruh umat Islam harus turut mendoakan bangsanya agar selamat dari penindasan, penghinaan, dan semua cobaan yang dideritanya sekarang ini. Dengan berdoa secara tulus, maka umat Islam akan bisa bangkit dari kemundurannya.

 

Sumber: saaid

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement