Jumat 26 Feb 2021 11:10 WIB

Kunci Agar Amal Baik Dinilai Besar

Curahkan semua hasrat dan keinginan kepada usaha agar amal diterima Allah.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Kunci Agar Amal Baik Dinilai Besar
Foto:

Ali bin Abi Thalib mengatakan, curahkan semua hasrat dan keinginan kepada usaha agar amal perbuatan kamu diterima Allah. Sebab tidak dapat dianggap kecil atau sedikit amal perbuatan yang diterima Allah.

Abdullah bin Mas'ud mengatakan, dua rakaat sholat yang dilakukan oleh orang alim yang mengerti dan ikhlas (zuhud) lebih baik dari ibadah orang-orang ahli ibadah sepanjang masa. Abu Sulaiman Addarany bertanya kepada Ma'ruf Al-Karkhi, mengapa orang-orang itu sangat taat dan tidak tergoyahkan.

Ma'ruf Al-Karkhi menjawab, karena mereka telah membersihkan hati dari cinta kepada dunia. Seandainya masih ada sedikit cinta dunia maka tidak akan diterima amal perbuatan mereka.

 

Orang sholeh mengeluh kepada Abu Abdullah Alqurasyi dengan mengatakan dirinya telah berbuat berbagai amal kebaikan tapi belum bisa merasakan nikmatnya amal kebaikan itu dalam hatinya. Abu Abdullah Alqurasyi menjawab, karena engkau masih memelihara putri iblis yaitu kesenangan dunia, sebagaimana seorang ayah yang selalu mengunjungi putrinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement