Senin 15 Feb 2021 18:50 WIB

Nabi yang tak Punya Anak dan Nabi dengan Putra atau Putri

Terdapat nabi yang tak punya anak atau dengan anak semua putri dan putra

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat nabi yang tak punya anak atau dengan anak semua putri dan putra. Ilustrasi peradaban nabi
Foto:

Ibnu Katsir menafsirkan ayat 50 itu artinya bahwa Allah memberikan anak lelaki dan anak perempuan kepada siapa yang dikehendaki-Nya, hingga anak-anaknya ada yang lelaki dan ada yang perempuan. Al-Baghawi mengatakan contohnya adalah Nabi Muhammad SAW. 

{وَيَجْعَلُ مَنْ يَشَاءُ عَقِيمًا} “..dan Dia menjadikan mandul siapa yang Dia kehendaki.” (QS Asy-Syura: 50). Yakni tidak mempunyai anak sama sekali. 

Al-Baghawi mengatakan contoh¬nya adalah Nabi Yahya dan Nabi Isa AS. Maka manusia itu ada empat macam, di antara mereka ada yang diberi anak-anak perempuan, ada yang hanya diberi anak-anak lelaki, ada yang diberi anak dari kedua jenis (ada laki-laki dan ada yang perempuan), dan yang terakhir ialah orang yang tidak diberi anak sama sekali, baik anak lelaki maupun anak perempuan, karena dia dijadikan dalam keadaan mandul tidak dapat beranak.

{إِنَّهُ عَلِيمٌ} "Sesungguhnya Dia Mahamengetahui." (Asy-Syura: 50), siapa yang berhak mendapat pemberian anak dari kedua jenis itu.

{قَدِيرٌ} "..lagi Mahakuasa." (QS Asy-Syura: 50), terhadap siapa yang Dia kehendaki dengan adanya perbedaan di kalangan manusia dalam hal tersebut.   

Pengertian ini mirip dengan apa yang disebutkan firman-Nya yang menceritakan perihal Nabi Isa yaitu:

{وَلِنَجْعَلَهُ آيَةً لِلنَّاسِ} "..dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia." (QS Maryam: 21)

Ayat 21 Maryam itu, kata Ibnu Katsir, menunjukkan kekuasaan Allah SWT. Yang Mahasuci. Karena Dia telah menciptakan makhluk terdiri dari empat macam. Adam Dia ciptakan dari tanah liat, bukan dari laki-laki, bukan pula dari perempuan (yakni tanpa ayah dan ibu). 

Sementara Hawa Dia ciptakan dari laki-laki, yaitu (dari tulang rusuk Nabi Adam) tanpa perempuan (tanpa ibu). Manusia lainnya Dia ciptakan dari laki-laki dan perempuan (yakni melalui ibu dan bapak) selain Isa. Adapun Nabi Isa diciptakan hanya dari ibu, tanpa ayah.

Dengan terciptanya Isa berarti sempurnalah hal yang menunjukkan kepada kekuasaan Allah Swt. Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Karena itulah disebutkan firman-Nya surat Maryam ayat 21 di atas.    

 

Menurut Ibnu Katsir apa yang disebutkan dalam ayat ini berkaitan dengan masalah pokok, sedangkan topik yang disebutkan dalam surat Asy-Syura ini berkaitan dengan anak. Masing-masing dari kedua belah pihak (orang tua dan anak) terdiri dari empat macam, Mahasuci Allah Yang Mahamengetahui lagi Mahakuasa.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement