Selasa 09 Feb 2021 08:15 WIB

Al-Qahhar, Allah Yang Maha Menundukkan

Manusia yang mengimani Allah sebagai al-Qahhar harus bersikap rendah hati.

Al-Qahhar, Allah Yang Maha Menundukkan
Foto: ANTARA
Al-Qahhar, Allah Yang Maha Menundukkan

REPUBLIKA.CO.ID, Nama terbaik Allah SWT yang menunjukkan kebesaran dan keperkasaan-Nya adalah al-Qahhar. Kata “al-Qahhar” merupakan bentuk superlative (mubalaghah) dari Qahir. Qahir yang berarti: perkasa, sangat kuat dan dahsyat, sehingga berkuasa dalam menjinakkan dan menundukkan segala sesuatu demi suatu tujuan tertentu.

Manusia yang mengimani Allah sebagai al-Qahhar harus bersikap rendah hati, tidak arogan dan sombong, karena segala sesuatu yang ada di alam raya ini berada dalam genggaman kekuasaan-Nya. Namun, tidak sedikit manusia yang bersifat angkuh, berlaku diktator, dan sewenang-wenang dalam menjalankan kekuasaannya.

Baca Juga

Seharusnya, dengan memahami hakikat al-Qahhar, hamba menyadari sepenuh hati pentingnya menyerah, tunduk, dan patuh kepada Allah, karena Dialah Pencipta dan Pengatur langit dan bumi berikut isinya.

Menyerah, tunduk, dan patuh kepada Allah adalah jalan iman dan Islam (istislam) yang benar dan lurus. Komitmen teologis (tauhid ubudiyah) tersebut idealnya membuat hamba selalu memohon perlindungan kepada Al-Qahhar dan menyerahkan segala tipu daya (makar) musuh-musuh Islam, ketika mereka membenci, antipati, dan bermakar menghancurkan Islam.

Oleh karena itu, umat Islam harus meyakini Allah itu sebaik-baik pembalas tipu daya orang-orang kafir yang memusuhi Islam.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement