Senin 08 Feb 2021 19:02 WIB

Saat Nabi Ibrahim Bertanya Cara Allah Membangkitkan Makhluk

Allah menjawab pertanyaan tersebut dalam surat al-Baqarah ayat 260.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Saat Nabi Ibrahim Bertanya Cara Allah Membangkitkan Makhluk
Foto:

Sedangkan tafsir dari situs resmi Kementerian Agama Republik Indonesia, ayat di atas menambahkan suatu perumpamaan lain tentang kekuasaan Allah untuk menghidupkan kembali makhluk yang telah mati. Dengan penuh rasa kerendahan dan pengabdian kepada Allah, Nabi Ibrahim AS mengajukan permohonan agar Allah bermurah hati untuk memperlihatkan bagaimana cara Dia menghidupkan makhluk yang telah mati.

Jika diperhatikan, permohonan Nabi Ibrahim memberikan kesan dia masih mempunyai keraguan tentang kekuasaan Allah untuk menghidupkan kembali orang yang telah mati. Oleh karena itu, Allah berfirman kepadanya, “Apakah engkau masih belum percaya bahwa Aku dapat menghidupkan kembali makhluk yang sudah mati?” Namun, yang dimaksudkan dalam ayat ini bukanlah demikian karena Nabi Ibrahim sama sekali tidak mempunyai keraguan tentang kekuasaan Allah.

Beliau mengajukan permohonan itu bukan karena ragu, melainkan karena ingin melihat dengan mata kepalanya sendiri bagaimana caranya Allah menghidupkan kembali makhluk yang sudah mati. Maka Ibrahim menjawab, “Aku sedikit pun tidak meragukan kekuasaan Allah, akan tetapi aku mengajukan permohonan itu untuk sampai kepada derajat 'ainul yaqin, yaitu keyakinan yang diperoleh setelah menyaksikannya dengan mata kepala sendiri sehingga hatiku menjadi lebih tenteram dan keyakinanku menjadi lebih kuat dan kukuh.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement