Selasa 19 Jan 2021 12:40 WIB

Permintaan Pengikut Nabi Isa yang Dijawab Doa kepada Allah

Nabi Isa menjawab permintaan pengikutnya dengan berdoa

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Nabi Isa menjawab permintaan pengikutnya dengan berdoa. Berdoa (Ilustrasi)
Foto:

 

Ibnu Katsir mengatakan, hidangan ini merupakan salah satu dari anugerah Allah yang diberikan kepada hamba dan rasul-Nya, yaitu Isa ketika Allah memperkenankan doanya yang memohon agar diturunkan hidangan dari langit. 

"Maka Allah SWT menurunkannya sebagai mukjizat yang cemerlang dan hujjah yang nyata," kata Ibnu Katsir dalam tafsirnya.

Hidangan ini merupakan piring-piring besar yang berisikan makanan. Sebagian ulama mengatakan, sesungguhnya mereka meminta hidangan ini karena mereka sangat memerlukannya dan karena kemiskinan mereka. Lalu mereka meminta kepada nabinya agar menurunkan hidangan dari langit setiap harinya untuk makanan mereka hingga mereka kuat menjalankan ibadahnya.

{اتَّقُوا اللَّهَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ} “Isa menjawab, "Bertakwalah kepada Allah jika betul-betul kalian orang yang beriman.” (Al-Maidah: 112)

Al-Masih 'alaihissalam menjawab permintaan mereka dengan perkataan, "Bertakwalah kalian kepada Allah, dan janganlah kalian meminta yang ini, karena barangkali hal tersebut merupakan cobaan bagi kalian. Tetapi bertawakallah kalian kepada Allah dalam mencari rezeki, jika kalian memang orang-orang yang beriman."

 

Menurut Ibnu Katsir, sebagian para imam ada yang menyebutkan bahwa kisah hidangan ini tidak disebutkan di dalam kitab Injil, dan orang-orang Nasrani tidak mengetahuinya kecuali melalui kaum Muslim. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement