Senin 18 Jan 2021 20:43 WIB

Ciri-Ciri dan Kategori Orang-Orang Fasik Menurut Alquran

Terdapat ciri-ciri orang yang fasik menurut Alquran

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat ciri-ciri orang yang fasik menurut Alquran. Alquran/Ilustrasi

Jadi, istilah ini dipergunakan untuk menyebut orang-orang yang banyak melakukan dosa, baik dosa kepada Tuhan maupun dosa kepada sesama manusia. (Al-Mufradat fi Gharib al-Quran, 380).

Dalam surat Al-Baqarah: 26-28, Allah SWT secara jelas menggambarkan ciri-ciri orang fasik.   

Pertama, mereka adalah orang-orang yang merusak janji mereka kepada Tuhan. Mereka berjanji untuk menuhankan Allah SWT dan menyembah hanya kepada-Nya. Nyatanya, mereka menyembah setan (QS Yasin: 60) dan menuhankan hawa nafsu mereka sendiri (QS Al-Furqan: 43).

Kedua, mereka adalah orang-orang yang memutuskan sesuatu yang diperintahkan Allah agar disambung, seperti silahturami. Maksudnya, mereka adalah orang yang suka memutuskan tali silaturahim dan merampas hak-hak kerabat. Ketiga, mereka adalah orang-orang yang suka berbuat jahat dan kerusakan di muka bumi.

"Dari sini dapat dipahami bahwa fasik pada dasarnya adalah sikap lupa diri. Logikanya begini, seorang manusia, karena lupa diri, dia menjadi lupa kepada Tuhan. Dengan lupa kepada Tuhan, pastilah dia melawan dan menabrak hukum-hukum Tuhan. Dengan menabrak hukum-hukum Tuhan, kerusakan dan kekacauan di muka bumi tidak dapat dihindari. Di sini, fasik identik dengan fasad, yakni kerusakan itu sendiri," jelas dosen fakultas ilmu dakwah dan komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ilyas Ismail kepada Republika.co.id.

Sumber: https://islam.nu.or.id/post/read/125097/dua-jenis-orang-fasik-menurut-imam-al-ghazali 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement