Jumat 08 Jan 2021 05:58 WIB

Ciri-Ciri Wanita Penghuni Surga yang Tampak di Dunia 

Terdapat sejumlah ciri-ciri wanita para penghuni surga

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat sejumlah ciri-ciri wanita para penghuni surga. Ilustrasi Surga
Foto:

Ikhlas beribadah semata-mata kepada Allah, tawakkal kepada Allah, mencintai Allah dan Rasul-Nya, takut terhadap adzab Allah, mengharap rahmat Allah, bertaubat kepada-Nya, dan bersabar atas segala takdir-takdir Allah serta mensyukuri segala kenikmatan yang diberikan kepadanya, juga merupakan ciri dari sikap wanita surga.

Mereka adalah wanita-wanita yang gemar membaca Alquran dan berusaha memahaminya, berdzikir mengingat Allah ketika sendiri atau bersama banyak orang dan berdoa kepada Allah semata, serta menjalankan amar ma’ruf dan nahi mungkar pada keluarga dan masyarakat. 

Para wanita surga juga memiliki sikap pengasih dan baik hati kepada tetangga, anak yatim, fakir miskin, dan seluruh makhluk, serta berbuat baik terhadap hewan ternak yang dia miliki. Mereka juga gemar menyambung tali persaudaraan terhadap orang yang memutuskannya, memberi kepada orang, menahan pemberian kepada dirinya, dan memaafkan orang yang menzaliminya. 

Berinfak, baik ketika lapang maupun dalam keadaan sempit, menahan amarah dan memaafkan manusia, juga merupakan hal yang disukai para wanita penghuni surga. Mereka cenderung menjaga lisan dari berkata dusta, saksi palsu maupun ghibah. Mereka adalah orang yang adil, mampu menepati janji, amanah dan snagat berbakti pada kedua orang tua. Allah SWT berfirman: 

  وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ يُدْخِلْهُ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ وَذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ “ … dan barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam Surga yang mengalir di dalamnya sungai-sungai sedang mereka kekal di dalamnya dan itulah kemenangan yang besar.” (QS An Nisa’ : 13). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement