Ahad 12 Jul 2020 16:52 WIB

Sederhananya Keluarga Nabi, tak Pernah Makan 2 Kali Sehari

Keluarga Nabi Muhammad hidup dengan sederhana.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Sederhananya Keluarga Nabi, tak Pernah Makan 2 Kali Sehari
Sederhananya Keluarga Nabi, tak Pernah Makan 2 Kali Sehari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai sang Uswatun Hasanah, Rasulullah tidak hidup dengan bermewah-mewahan meski dirinya sangat dimuliakan. Sikap sederhana yang jauh dari kata glamor pun juga menghiasi keluarga Nabi SAW.

Kesederhanaan keluarga Rasulullah SAW terekam dalam sejumlah hadits shahih. Dalam kitab Mukhtashar Shahih Al-Bukhari karya Nashiruddin Al-Albani disebutkan tentang bagaimana porsi makan keluarga beliau.

Baca Juga

Istri Nabi, Aisyah binti Abu Bakar, pernah meriwayatkan sebuah hadits berbunyi: “Ma akala alu Muhammadin SAW aklataini fi yaumin illa ihdahuma tamrun,”. Yang artinya: “Keluarga Muhammad SAW tidak pernah makan dua kali dalam satu hari, kecuali salah satu dari kedua kali makan itu adalah makan kurma.”

Dari sisi fasilitas rumah pun demikian. Aisyah juga mengungkapkan bagaimana bentuk tempat tidur yang ada di dalam rumah Rasulullah SAW.

Dia berkata: “Kana firasyun Rasulillah SAW min adamin, wa hasywuhu min lifin,”. Yang artinya: “Tempat tidur Rasulullah SAW terbuat dari kulit yang disamak, sedangkan isi kasurnya terbuat dari jerami pelepah kurma,”.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement