Ahad 12 Apr 2020 18:40 WIB

KH Abdullah Faqih, Rujukan Para Ulama dan Umara (2)

KH Abdullah Faqih dikenal sebagai ulama yang berpengaruh.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
KH Abdullah Faqih, Rujukan Para Ulama dan Umara . Foto: KH Abdullah Faqih Langitan
Foto: wordpress
KH Abdullah Faqih, Rujukan Para Ulama dan Umara . Foto: KH Abdullah Faqih Langitan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesantren Langitan memang termasuk pesantren tua di Jawa Timur. Pesantren ini didirikan 1852 oleh KH Muhammad Nur, asal Desa Tuyuban, Rembang, Langitan. Para generasi pertama NU pernah belajar di pesantren ini, seperti KH Muhammad Cholil Bangkalan, KH Hasyim Asy’ari, KH Wahab Hasbullah, KH Syamsul Arifin yang merupakan ayah KH As’ad Syamsul Arifin, dan KH Shiddiq.

KH Abdullah Faqih merupakan generasi kelima pengasuh Pesantren Langitan sejak 1971. Beliau menggantikan KH Abdul Hadi Zahid yang meninggal dunia karena faktor usia. Dalam memimpin pesantren, Kiai Faqih saat itu masih didampingi KH Ahmad Marzuki Zahid, yang juga pamannya.

Baca Juga

Pondok Pesantren Langitan itu berada di bawah jembatan jalan raya Babat Lamongan jurusan Tuban, Jawa Timur, tepatnya di Desa Widang. Meski tetap mempertahankan kesalafannya, pada era Kiai Faqih inilah Pesantren Langitan lebih terbuka dan maju. Misalnya, ia mendirikan Pusat Pelatihan Bahasa Arab, kursus komputer, mendirikan Taman Kanak-Kanak (TK) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA).

Berdasarkan berbagai sumber, Kiai Faqih juga membentuk Badan Usaha Milik Pondok berupa toko induk, kantin, dan wartel. Selain itu, Kiai Fakih juga mengarahkan pesantrennya agar lebih dekat dengan masyarakat.

Di antaranya, beliau mengirimkan dai ke daerah-daerah sulit di Jawa Timur dan luar Jawa. Setiap Jum’at, Kiai Fakih juga menginstruksikan para santrinya untuk shalat Jum’at di kampung-kampung. Bahkan, Kiai Fakih membuka pengajian umum di pesantren yang diikuti masyarakat umum.

"Pesantren waktu dipimpin Kiai Faqih sangat pesat sekali perkembangannya. Dan santri itu snagat tunduk sekali pada beliau. Karena beliau sangat kharismatik dan tidak membeda-bedakan," kata Gus Rifki.

 

Dalam salah satu dawuhnya, Kiai Faqih mengungkapkan  bahwa ada empat hal yang bisa menyelamatkan seseorang di dunia, yaitu suka memaafkan orang lain, tidak suka membodohi atau menyakiti orang lain, tidak suka mengharap pemberian orang lain, dan suka memberi kepada orang lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement