Sabtu 30 Mar 2024 23:17 WIB

Akhlak ketika Bersin

Islam mengajarkan tata cara bersin.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Seseorang bersin (ilustrasi).
Foto: Freepik
Seseorang bersin (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Agama Islam selalu mengajarkan ilmu-ilmu yang bermanfaat, salah satunya adab ketika bersin. Adab bersin mencakup berbagai aspek, mulai dari tata cara bersin yang sopan hingga tindakan yang menunjukkan rasa hormat kepada orang lain. 

Hal mendasar yang harus dilakukan adalah menutup mulut saat bersin. Tindakan ini tidak hanya menjaga kebersihan lingkungan sekitar, tetapi juga menghormati orang lain dengan menghindari penyebaran kuman dan bakteri.

Baca Juga

Sebagaimana dalam hadis disebutkan:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ النَّبِيَّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( إَنَّ اللهَ يُحِبُّ العُطَاسَ ، وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ ، فَإذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ وَحَمِدَ اللهَ تَعَالَى كَانَ حَقّاً عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سَمِعَهُ أَنْ يَقُولَ لَهُ : يَرْحَمُكَ اللهُ ، وَأَمَّا التَّثَاؤُبُ فَإنَّمَا هُوَ مِنَ الشَّيْطَانِ ، فَإذَا تَثَاءَبَ أحَدُكُمْ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ ، فَإنَّ أحَدَكُمْ إِذَا تَثَاءَبَ ضَحِكَ مِنْهُ الشَّيْطَانُ )) رَوَاهُ البُخَارِيُّ 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Maka, apabila salah seorang di antara kalian bersin dan memuji Allah, maka wajib bagi setiap orang muslim yang mendengarnya untuk mengucapkan, ‘Yarhamukallah’ (artinya: semoga Allah merahmatimu)’.

Adapun menguap, maka itu adalah dari setan. Apabila salah seorang di antara kalian menguap, hendaklah ia menahannya semampu mungkin. Karena, jika salah seorang di antara kalian menguap maka setan tertawa karenanya. (HR. Bukhari).

Selain itu, penting untuk mengucapkan kata-kata seperti "Alhamdulillah" atau "Terima kasih" setelah bersin. Ini bukan hanya sekedar tradisi, tetapi juga merupakan bentuk penghargaan kepada Tuhan dan ungkapan terima kasih atas kesehatan yang masih dimiliki. Tindakan ini juga dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan oleh orang lain yang mendengarnya.

Selanjutnya, dalam situasi yang memungkinkan, menjauh dari orang lain sebelum bersin juga merupakan bagian dari adab bersin yang dihormati. Hal ini membantu mengurangi risiko penularan penyakit dan menunjukkan kesadaran akan kesehatan dan kenyamanan orang lain.

Adab bersin juga mencakup sikap empati dan pengertian terhadap reaksi seseorang terhadap bersin. Menyampaikan kata-kata seperti "Maaf" atau "Maafkan saya" jika bersin terjadi di dekat orang lain adalah tindakan yang sopan dan menghormati perasaan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement