Rabu 06 Mar 2024 19:21 WIB

Kepercayaan Yahudi Israel Terhadap Sapi Merah untuk Ritual

Sapi merah datang ketika persiapan pembangunan Kuil Ketiga Yerusalem.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Warga berjalan di gang dekat rumah keluarga Sub-Laban di kawasan Muslim Kota Tua Yerusalem, Senin (12/6/2023).
Foto:

Pentingnya Sapi Merah Bagi Yahudi Israel

Di zaman modern, semua orang Yahudi termasuk kohanim (pendeta/ imam Yahudi) dianggap najis karena kotoran yang ditimbulkan oleh mayat. Meskipun dalam kehidupan sehari-hari di zaman modern status ini tidak mempunyai banyak dampak praktis, mereka yang najis dengan jenis kenajisan ini dilarang memasuki kuil.

Kohanim (imam Yahudi) yang tidak suci dengan jenis kotoran (najis) ini dilarang melakukan pelayanan yang diperlukan di Kuil. Imam Yahudi itu perlu disucikan dengan abu sapi merah sebelum dapat melayani lagi sehingga pembuatan abu tersebut merupakan persyaratan yang diperlukan untuk segala upaya, untuk membangun kembali kuil suci Yahudi ketiga di Yerusalem. Satu pengecualian adalah pengorbanan Pascal, yang dapat dipersembahkan bahkan oleh mereka yang najis dengan najis dari mayat selama mayoritas orang Yahudi najis dengan jenis-najis ini.

Non-Yahudi dan Sapi Merah

Ini bukan kali pertama orang non-Yahudi membantu memberikan sapi merah kepada orang-orang Yahudi.

Talmud (Kiddushin 31a) menceritakan bahwa seorang non-Yahudi bernama Dama ben Netina menolak memberikan permata (perhiasan) yang dibutuhkan untuk Kuil, meskipun ada tawaran hadiah yang besar. Karena ayahnya sedang tidur di atas kunci untuk membuka kotak yang berisi permata tersebut, dan dia tidak ingin mengganggu istirahat ayahnya.

Sebagai imbalan atas rasa hormat yang dia tunjukkan kepada ayahnya, seekor sapi betina merah dilahirkan dalam gembala (kawanan) ben Netina pada tahun berikutnya. Sehingga dia mampu menjual sapi betina tersebut ke Kuil dengan uang yang akan dia peroleh jika dia menjual permata tersebut kepada mereka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement