Jumat 01 Mar 2024 09:49 WIB

Keutamaan Sholat Jumat Beserta Dalilnya, Apa Saja?

Melaksanakan sholat Jumat bagi laki-laki adalah fardhu 'ain (kewajiban individual).

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Sholat berjamaah Jumat pertama di bulan suci Ramadhan di dalam Masjid Merkez di distrik Marxloh, Duisburg, Jerman, (24/3/2023).
Foto:

Ibadah yang Dianjurkan pada Hari Jumat

Oleh sebab itu pula dianjurkan memperbanyak ibadah pada Jumat. Menurut Abdul Qadir, ada beberapa ibadah yang bisa dilakukan pada hari Jumat.

1. Memperbanyak membaca shalawat.

2. Membaca surah al-Kahfi.

3. Mandi dan memakai wangi-wangian ketika hendak melaksanakan sholat Jumat.

Dalil Perintah Sholat Jumat

Dan perintah agar melaksanakan sholat Jumat juga tertuang dalam Surah al-Jumu'ah ayat 9-10:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Yā ayyuhal-lażīna āmanū iżā nūdiya liṣ-ṣalāti miy yaumil-jumu‘ati fas‘au ilā żikrillāhi wa żarul-bai‘(a), żālikum khairul lakum in kuntum ta‘lamūn(a).

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, apabila (seruan) untuk melaksanakan salat pada hari Jumat telah dikumandangkan, segeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

فَاِذَا قُضِيَتِ الصَّلٰوةُ فَانْتَشِرُوْا فِى الْاَرْضِ وَابْتَغُوْا مِنْ فَضْلِ اللّٰهِ وَاذْكُرُوا اللّٰهَ كَثِيْرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Fa iżā quḍiyatiṣ-ṣalātu fantasyirū fil-arḍi wabtagū min faḍlillāhi ważkurullāha kaṡīral la‘allakum tufliḥūn(a).

Artinya: "Apabila sholat (Jumat) telah dilaksanakan, bertebaranlah kamu di bumi, carilah karunia Allah, dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement