Rabu 28 Feb 2024 21:12 WIB

Kurma, Buah Favorit Nabi Muhammad SAW dan Alasannya

Nabi Muhammad menyukai buah kurma.

Rep: Mgrol150/ Red: Muhammad Hafil
 Nabi Muhammad menyukai buah kurma. Foto:  Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto: republika
Nabi Muhammad menyukai buah kurma. Foto: Nabi Muhammad (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kurma merupakan buah yang disukai Nabi Muhammad SAW. Pohonnya yang masuk sebagai kategori pohon palm dan sering ditemukan di daerah tanah yang kering. Nabi Muhammad SAW suka memakan buah tersebut karena memiliki manfaat dibaliknya.

Buah favorit Nabi Muhammad SAW adalah buah kurma. Rasulullah SAW sangat menyukai buah kurma, bahkan sampai menjadikannya makanan pertama yang sering dikonsumsi setelah berpuasa. Nabi Muhammad SAW suka memakan buah kurma dengan garam dan al-qatsa, yaitu buah sejenis dengan mentimun. Dikutip dari Imam Al-Ghazali, dari bukunya yang berjudul Mutiara Ihya Ulumuddin, Rabu (28/02/2024).

Baca Juga

Tak hanya itu, Rasulullah SAW juga sering mengonsumsi buah kurma dengan cara mencampurkannya dengan susu. Minuman ini dinamakan dengan al-athyabain yang memiliki arti dua yang paling baik. Dalam beberapa hadits dikatakan, " Nabi Muhammad SAW memakan buah semangka dengan kurma dan memakan mentimun dengan garam." 

Nabi Muhammad SAW mencampur buah kurma dan mentimun dengan tujuan agar rasa panas yang terkandung dalam kurma dapat menyeimbangkan rasa dingin dan basah yang ada di mentimun, hal ini karena mentimun agak sulit untuk dicerna di lambung, dingin dan terkadang berbahaya.

 

Selain itu, Rasulullah SAW juga gemar untuk mencampurkan buah-buah favoritnya sebagaimana dijelaskan dalam hadits dari Sahal bin Sa'ad As-Sa'idi yang berkata, "Rasulullah memakan buah semangka dengan kurma." Dalam Hadits Riwayat Ibnu Hibban dan Az-Zubaidi juga disebutkan, Abdullah bin Ja'far juga pernah menyebutkan hal serupa, "Saya melihat Rasulullah memakan buah semangka dengan kurma." Dikonfirmasi juga dalam Hadits Riwayat Al-BaihaqiDari, dari Aisyah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW gemar mencampur buah semangka dengan kurma. 

Cara makan Nabi Muhammad SAW mencampurkan buah – buahan yang disukainya juga dijelaskan pada Hadits Riwayat At-Tirmidzi, Anas bin Malik RA berkata, "Rasulullah makan buah kurma dengan tangan kanan, sedangkan semangka di tangan kirinya. Beliau makan kurma dicampur dengan semangka. Dan itulah buah-buahan yang paling disukai Rasulullah." 

Sebab, semangka adalah buah dingin yang menyegarkan dan mengandung banyak air. Sedangkan Kurma basah menghasilkan banyak kalori dalam tubuh dan panas kurma tersebut "didinginkan" dengan semangka, sehingga diperoleh kestabilan yang baik dalam tubuh. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement