Sabtu 24 Feb 2024 06:49 WIB

Tanda Kiamat Salah Satunya Muncul Binatang Aneh, Seperti Apa?

Tak ada siapapun yang mengetahui kapan kiamat akan datang kecuali Allah SWT.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto:

Binatang aneh sebagai tanda kiamat

Buya Hamka dalam Tafsir Al Azhar menjelaskan tentang binatang seperti apa yang akan menjadi tanda kiamat berdasarkan ayat tersebut. Kata "dabbatan" dalam ayat tersebut diartikan sebagai binatang. Namun, kata Buya Hamka, "dabbatan" asal artinya adalah melata, merangkak, atau beringsut-ingsut.

Buya Hamka menjelaskan banyak pendapat yang menggambarkan dengan jelas tentang binatang yang akan menjadi tanda datangnya hari kiamat. Seperti beberapa pendapat yang menyebut binatang itu panjangnya 60 hasta dan tingginya sampai ke awan. Kemudian ada yang menyebut kakinya empat, berbulu panjang, berbulu sebagai burung dan bersayap dua dan banyak lagi yang lainnya.

Namun kata Buya Hamka penggambaran-penggambaran tentang binatang tersebut tak ada dalilnya. Fakhruddin ar-Razi mengatakan itu tak ada dalilnya di dalam Alquran. Buya Hamka menegaskan cerita-cerita tentang bentuk binatang sebagai tanda datangnya hari kiamat tidak ada dalam Alquran dan tak ditemukan dalam hadis-hadis shahih.

Buya Hamka mengatakan 'dabbatan' dalam ayat tersebut tidak bermakna spesifik kepada binatang tertentu. Bisa saja binatang itu berkaki empat atau tidak. Al-Qurthubi dalam tafsirnya pun demikian, yakni binatang yang dimaksud di dalam Alquran tak secara spesifik seperti apa yang akan keluar sebagai tanda kiamat.

Al-Qasimi dalam tafsirnya Mahasin at-Ta'wil mengatakan ayat tersebut mengandung dua makna satu di antaranya tentang binatang yakni tidak diketahui bentuknya. Namun ia menjelaskan berdasarkan pendapat setengah ahli tafsir mengatakan binatang itu akan memarahi manusia mengapa tidak menerima kebenaran Allah.

Dan "dabbatan" dalam ayat tersebut bukan bermakna seekor binatang melainkan semacam binatang. Dengan demikian tak ada yang bisa menggambarkan secara pasti binatang apa yang akan menjadi pertanda datangnya hari kiamat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement