Senin 19 Feb 2024 04:15 WIB

Pegunungan Arab Saudi Kembali Diselimuti Salju, Benarkah Tanda Kiamat Dekat?

Turunnya salju di wilayah Arab Saudi menjadi salah satu tanda kiamat kecil

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Tenda didirikan di dekat mobil yang diparkir saat salju turun di Provinsi Tabuk Arab Saudi.
Foto:

Banyak yang mengaitkan salju di Tabuk dengan berubahnya tanah Arab Saudi menjadi hijau dan subur. Hanya saja, peristiwa ini masih harus diteliti lebih dalam tentang kaitan salju dengan kesuburan tanah Arab. 

Pertanyaan tentang waktu sebenarnya hari akhir ini sebenarnya sudah terjadi sejak masa Rasulullah. Allah SWT juga mengabadikannya dalam Alquran:

يَسْأَلُكَ النَّاسُ عَنِ السَّاعَةِ ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ اللَّـهِ ۚ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ تَكُونُ قَرِيبًا

“Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah”. Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.” (QS al-Ahzab: 63).

Pengetahuan tentang hari akhir ini sebenarnya hanya dimiliki oleh Allah SWT. Tugas manusia adalah menjalankan perintah Allah SWT dan mengumpulkan bekal sebaik mungkin untuk akhirat. Sehingga pembahasan tentang waktu kiamat ini menjadi hal yang tidak bermanfaat bagi Muslim. 

Syekh Saud Al Syuraim, Imam Masjidil Haram di Makkah menjelaskan, turunnya salju di Arab Saudi yang kerap terjadi adalah salah satu bukti dari tanda-tanda hari kiamat yang dijelaskan Islam.

Baca juga: 10 Cara Keluar dari Kesulitan Masalah Hidup Menurut Alquran dan Hadits

Atas kondisi ini, Imam Masjidil Haram di Makkah tersebut juga mengatakan dalam sebuah tweet di akun pribadinya mengingatkan seluruh umat Islam akan munculnya tanda baru Hari Kiamat sehingga seseorang mungkin belajar dan berupaya untuk mempersiapkan hari ini. Dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda: 

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَعُودَ أَرْضُ الْعَرَبِ مُرُوجاً وَأَنْهَاراً وَحَتَّى يَسِيرَ الرَّاكِبُ بَيْنَ الْعِرَاقِ وَمَكَّةَ  لاَ يَخَافُ إِلاَّ ضَلاَلَ الطَّرِيقِ وَحَتَّى يَكْثُرَ الْهَرْجُ

Arab Saudi Peringatkan Cuaca Buruk hingga Awal Tahun Depan, Termasuk di Makkah-Madinah 

"Kiamat tidak akan terjadi hingga wilayah Arab kembali menjadi tanah yang subur banyak padang hijau dan sungai-sungai. Hingga orang yang melakukan safar antara Iraq dan Makkah, tidak ada yang ditakuti selain kegelapan di jalan. Dan tidak muncul kiamat sampai terjadi banyak pembunuhan," (HR. Ahmad).

 

“Mahasuci Allah, tanda-tanda ini adalah di antara tanda-tanda kenabian dan di antara tanda-tanda Hari kiamat kecil. Salju yang menutupi gurun Arab Saudi merupakan salah satu fenomena langka yang terjadi di Arab Saudi," kata Syekh Saud.  

photo
Tanda-tanda kiamat yang sudah terjadi. - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement