Kamis 08 Feb 2024 19:34 WIB

Pesan Isra Miraj: Berdialog dengan Makhluk Langit Lewat Takbir

Perintah sholat jangan hanya dimaknai sebagai rutinitas tanpa ruh.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Baitul Maqdis

Di tempat ini pula semua makhluk memuja dan memuji Allah SWT. Di langit pertama, Rasulullah SAW berjumpa dengan Nabi Adam. Pada keenam langit berikutnya, Rasulullah SAW bertemu dengan Nabi Nuh, Nabi Harun, Nabi Musa, Nabi Ibrahim, Nabi Daud, Nabi Sulaiman, Nabi Idris, Nabi Yahya, dan Nabi Isa.

Juga di tempat itu, beliau melihat malaikat Izrail yang besarnya jarak antara kedua matanya saja adalah sejauh 7.000 hari perjalanan. Dan karena kekuasaan Allah SWT, maka yang berada di bawah perintahnya adalah 100 ribu kelompok. Ia sedang mencatat nama-nama mereka yang lahir dan yang mati dalam sebuah buku besar.

Rasulullah juga melihat malaikat air mata yang menangis karena dosa-dosa orang. Malaikat dendam yang berwajah tembaga yang menguasai anasir api dan sedang duduk di atas singgasana dari nyala api. Dan dilihatnya juga ada malaikat yang besar luar biasa, separuh dari api dan separuh lagi dari salju, dikelilingi oleh malaikat-malaikat yang merupakan kelompok yang tiada hentinya berdzikir kepada Allah.

Sedangkan di langit ketujuh adalah tempatnya orang-orang yang adil. Dengan di dalamnya malaikat yang lebih besar dari bumi ini dan seluruhnya. Ia mempunyai 70 ribu kepala, dan tiap kepala ada 70 ribu mulut, tiap mulut 70 ribu lidah, tiap lidah dapat berbicara dalam 70 ribu bahasa, tiap bahasa dengan 70 ribu dialek. Semua itu memuja dan memuji serta mengkuduskan Allah SWT.

Nabi terkesima dengan apa yang dilihatnya, melihat dan merenungkan makhluk-makhluk ajaib itu. Tiba-tiba Nabi membumbung lagi sampai ke Sidratul Muntaha yang terletak di sebelah kanan Arsy, menaungi berjuta-juta ruh malaikat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement