Kamis 08 Feb 2024 19:34 WIB

Pesan Isra Miraj: Berdialog dengan Makhluk Langit Lewat Takbir

Perintah sholat jangan hanya dimaknai sebagai rutinitas tanpa ruh.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Baitul Maqdis

Peristiwa Isra Mi'raj

Salah satu keistimewaan bulan Rajab adalah di mana pada bulan ini, Rasulullah SAW melaksanakan Isra Miraj. Sehingga bulan Rajab menjadi pengingat bagi umat Islam untuk senantiasa mendirikan sholat lima waktu.

Perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Baitul Maqdis di Palestina ke Sidratul Muntaha merupakan peristiwa Isra Miraj. Pada peristiwa itu Rasulullah diperintahkan langsung oleh Allah untuk menyampaikan kepada umat Muslim atas kewajiban sholat lima waktu.

Peristiwa Isra Miraj merupakan perjalanan Rasulullah melintasi tujuh langit sesuai dengan perintah Allah. Dalam setiap langit, Rasulullah menjumpai sosok-sosok yang dikehendaki Allah.

Muhammad Husain Haekal dalam Sejarah Hidup Muhammad menjabarkan, perjalanan Isra Miraj Nabi merupakan perjalanan yang istimewa. Rasulullah menempuh perjalanan dari langit ke langit hingga langit yang ketujuh. Di puing-puing kuil Sulaiman, Nabi shalat bersama dengan Nabi Ibrahim, Musa, dan Isa. Kemudian dibawakan tangga yang lalu dipancangkan di atas batu Nabi Yakub.

Dengan tangga itu, Rasulullah SAW cepat-cepat naik ke langit. Langit pertama terbuat dari perak murni dengan bintang-bintang yang digantungkan dengan rantai-rantai emas. Tiap langit itu dijaga oleh malaikat supaya jangan ada setan-setan yang bisa naik ke atas atau akan ada jin yang mendengarkan rahasia-rahasia langit.

Di tempat ini pula semua makhluk memuja...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement