Kamis 08 Feb 2024 18:11 WIB

Kisah Nabi Muhammad Mohon Keringanan Jumlah Sholat Lima Waktu

Siksa pedih menanti mereka yang berat melaksanakan sholat.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi sholat.
Foto:

Rasulullah bersabda, 'Sungguh, aku telah meminta keringanan kepada Rabbku hingga aku malu terhadap-Nya. Akan tetapi, aku ridha dan menerimanya.' Dan ketika aku pergi, sang penyeru menyerukan, 'Aku telah tetapkan faridhah-Ku dan Aku juga telah memberi keringanan atas hamba-Ku'."

Dalam buku Rizem Aizid berjudul Para Musuh Allah, Golongan Manusia yang Menjadi Musuh Allah di Akhirat, saat melakukan Isra' Miraj, Rasulullah Saw. pernah diperlihatkan azab kubur yang menimpa orang-orang yang meninggalkan sholat. Dalam perjalanannya, Rasulullah Saw. tiba di suatu tempat yang banyak manusia dipukuli kepalanya dengan batu besar sehingga berlumuran darah dan pecah.

Namun, anehnya, sesudah pecah, kepala mereka kembali utuh lagi sebagaimana semula. Lalu dipukuli lagi. Begitu seterusnya. Rasulullah bertanya, "Siapa mereka itu, Jibril?" Malaikat Jibril menjawab, "Mereka itu manusia-manusia yang berat melakukan sembahyang (sholat) fardhu."

Adapun azab kubur lain yang Allah Swt. timpakan kepada orang-orang yang malas hingga meninggalkan sholat adalah dikirimkan-Nya seekor ular untuk meremukkan tulang belulang mereka. Nama ular itu adalah Sujaul Aqra'.

Kedua bola mata ular Syujaul Aqra' berupa api. Kuku-kukunya berupa besi. Sedangkan panjang tiap kuku itu sejauh perjalanan manusia satu hari di dunia.

Ular Syujaul Aqra' terus...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement