Kamis 08 Feb 2024 18:11 WIB

Kisah Nabi Muhammad Mohon Keringanan Jumlah Sholat Lima Waktu

Siksa pedih menanti mereka yang berat melaksanakan sholat.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi sholat.
Foto:

Nabi saw bersabda, “Kemudian didatangkanlah padaku tiga bejana yang satu berisi khamer (arak), yang satunya lagi berisikan susu dan yang terakhir berisi madu. Lalu aku mengambil susu, maka Jibril berkata, 'Ini adalah fitrah. Kamu dan umatmu berada di atasnya. Setelah itu, diturunkanlah kewajiban sholat sebanyak lima puluh kali setiap harinya."

Aku pun kembali dan melewati Musa as. la pun bertanya, 'Apa yang telah diperintahkan kepadamu?' Aku menjawab, 'Aku diperintahkan untuk menunaikan sholat lima puluh kali setiap harinya.' Musa berkata, 'Sesungguhnya umatmu tidak akan sanggup untuk menunaikan sholat lima puluh kali dalam sehari. Sesungguhnya aku telah menerapkannya untuk manusia sebelummu, dan aku telah membiasakannya kepada kaum Bani Israil dengan sebenar-benarnya. Kembalilah pada Rabbmu, dan mintalah keringanan untuk umatmu.

Maka aku pun kembali, dan Rabbku menguranginya sepuluh. Lalu, aku menemui Musa. Ia pun berkata seperti sebelumnya. Maka, aku pun kembali lagi, dan Rabbku mengurangi lagi sepuluh lalu. Aku menemui Musa.

Musa berkata seperti sebelumnya. Lalu akhirnya aku pun kembali lagi meminta keringanan. Musa berkata seperti sebelumnya. Maka, aku pun kembali lagi, dan akhirnya aku diperintahkan untuk menunaikan lima kali sholat dalam sehari.

Setelah itu, aku kembali menemui Nabi Musa. Ia bertanya, 'Apa yang telah diperintahkan kepadamu?' Aku menjawab, 'Aku diperintahkan menunaikan lima kali sholat dalam sehari.’ Musa berkata, 'Sesungguhnya umatmu tidak akan sanggup untuk menunaikan sebanyak lima kali shalat dalam sehari. Sesungguhnya aku telah menerapkannya untuk manusia sebelummu dan aku membiasakannya terhadap kaum Bani Israil dengan sebenar-benarnya. Kembalilah pada Rabbmu, dan mintalah keringanan untuk umatmu.'

Rasulullah bersabda...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement