Kamis 08 Feb 2024 18:11 WIB

Kisah Nabi Muhammad Mohon Keringanan Jumlah Sholat Lima Waktu

Siksa pedih menanti mereka yang berat melaksanakan sholat.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi sholat.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ilustrasi sholat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perintah sholat lima waktu datang setelah Rasulullah saw melewati peristiwa Isra dan Miraj. Ini merupakan peristiwa besar yang dialami Nabi Muhammad saw sepeninggal pamannya Abu Thalib dan istrinya, Khadijah.

Dikutip dari buku Sirah Nabawiyah karya Ali Muhammad Ash-Shalabi, perintah sholat itu datang pada satu malam itu. Dimulai dari kunjungan malaikat Jibril dengan membawa Buroq sebagai hewan tunggangan.

Baca Juga

Nabi saw menggunakan buroq dalam perjalanannya ke Baitul Maqdis. Setelahnya, Nabi melaksanakan sholat dua rakaat, sebelum kemudian Jibril mengajaknya naik menuju langit pertama.

Di langit pertama, Nabi saw bertemu dengan Nabi Adam as, dan mengucapkan salam, kepada Nabi Adam. Kemudian di langit kedua, Nabi saw bertemu dengan Nabi Yahya dan Nabi Isa dan juga mengucapkan salam untuk keduanya.

 

Rasulullah terus melanjutkan perjalanan, sesampainya di langit ketiga terdapat Nabi Yusuf dan Rasulallah saw mengucapkan salam kepadanya. Kemudian, kendaraan itu naik lagi hingga ke langit empat dan di sana Nabi Saw bertemu dengan Nabi Idris. Nabi terus melanjutkan perjalanan dan sampai di langit kelima, di sana Nabi saw bertemu dengan Nabi Harun.

Kendaraan yang ditunggangi Nabi saw...

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement