Kamis 08 Feb 2024 12:59 WIB

Teladan Nabi Muhammad: Murah Hati dan tidak Pernah Menimbun Harta

Nabi Muhammad SAW tidak pernah melewatkan satu malam pun dengan menyimpan uang.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Muhammad SAW.
Foto:

Demikian gambaran betapa murah hatinya Nabi Muhammad SAW. Beliau suka memberi, tidak pelit, dan suka menolong. Beliau tidak pernah menimbun harta. Hal ini sebagaimana dijelaskan Imam Al Ghazali bergelar Hujjatul Islam Zainuddin al-Thusi dalam kitab Ihya Ulumuddin.  

Dalam kisah lain diriwayatkan, suatu hari Nabi Muhammad SAW memiliki sepotong emas yang disimpan di rumahnya. Emas tersebut selalu teringat di pikiran Nabi Muhammad SAW saat sedang menunaikan sholat. Setelah sholat, Nabi Muhammad SAW segera pulang mengambil emas itu dan membagi-bagikan emas itu kepada orang lain.

Diriwayatkan bahwa Abu Sirwa'ah Uqbah bin Al-Harits berkata, "Saya sholat ashar di belakang Nabi SAW di Madinah. Setelah salam, beliau segera bangkit, lalu melangkahi barisan para sahabat guna menuju ke salah seorang istrinya. Para sahabat pun terperangah atas ketergesa-gesaan beliau itu."

"Kemudian, Nabi SAW kembali keluar menemui mereka, dan ketika melihat mereka terkejut atas ketergesa-gesaan itu, Nabi SAW pun bersabda, 'Aku ingat sepotong emas yang ada pada kami, dan aku tidak ingin menahannya, maka aku pun menyuruh agar membagi-bagikan emas itu'."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement