Senin 05 Feb 2024 14:32 WIB

Peran Sufi di Baghdad Abad Pertengahan

Ada dua jenis lembaga pendidikan Sufi.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Sufi (ilustrasi).
Foto: trt.net
Sufi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Peneliti sekaligus kolumnis di Middle East Monitor, Usman Butt, menulis sebuah artikel resensi tentang sejarah sufi di Baghdad pada Abad Pertengahan. Buku yang diresensi berjudul "Sufis in Medieval Baghdad" karya Atta Muhammad.

Dia mengungkapkan, Atta Muhammad menguraikan bahwa Baghdad pada Abad Pertengahan adalah salah satu tempat di mana terdapat ruang publik, kata Atta Muhammad. Pada abad ke-11, gerakan sufi menonjol di masyarakat.

Baca Juga

Peran para sufi Bagdad yaitu dalam bidang agama, sosial dan politik yang membawa manfaat nyata bagi masyarakat awam. Tokoh sufi ini berusaha memenuhi berbagai kebutuhan keagamaan, spiritual dan material. Kebutuhan masyarakat umum melalui lembaga amal ribat atau pondok sufi.

Pondok-pondok ini bukan satu-satunya lembaga publik yang ada, namun mereka termasuk yang paling menonjol, terutama pada masa dinasti Seljuk dan Ayyubiyah. Orang kaya dan miskin diasosiasikan dengan pondok-pondok ini dan mereka menyediakan ruang bersama di mana para elite, cendekiawan, sufi, pedagang, dan masyarakat umum dapat berkumpul.

Menariknya, meskipun banyak lembaga amal dan sufi didirikan dan didanai oleh kaum elit, cukup banyak juga yang didanai dan didirikan oleh masyarakat umum. Mereka menawarkan berbagai kegiatan amal dan menjadi inti kehidupan publik di Baghdad. Salah satu kontribusi terhadap perluasan ruang publik dalam masyarakat Islam adalah melalui inisiatif pendidikan.

Menurut Muhammad, ada dua jenis lembaga pendidikan sufi. Pertama, melibatkan hubungan guru-murid, di mana seorang syekh membimbing siswa dalam berbagai topik mulai dari perilaku Islam yang benar, keyakinan, tetapi juga pelatihan pribadi dan profesional. Siswa dapat mempelajari keterampilan praktis yang berguna untuk perdagangan mereka, hal-hal yang berguna untuk kehidupan sehari-hari dan pelatihan spiritual.

Kedua adalah perluasan ribat, madrasah dan masjid, yang menyebarkan ilmu pengetahuan kepada murid-murid dan masyarakat luas. Siswa dari seluruh dunia akan datang ke institusi ini untuk belajar. Di dunia Islam abad pertengahan, perjalanan demi ilmu pengetahuan adalah fenomena yang lazim.

Siswa-siswa ini berasal dari berbagai latar belakang sosio-ekonomi, yang menunjukkan bahwa semakin banyak masyarakat terpelajar yang bermunculan di abad pertengahan. Perpustakaan juga merupakan bagian penting dari pondok-pondok ini, yang berisi buku-buku baik untuk para ulama maupun masyarakat luas, memang perpustakaan tidak hanya ada di masjid, sekolah dan pondok-pondok saja, tetapi juga ditambahkan ke rumah sakit dan mausoleum juga.

Ada juga banyak kelompok sufi perempuan yang memfasilitasi perkembangan ini di kalangan perempuan juga. Di atas segalanya, loge-loge ini menyediakan ruang bagi orang-orang untuk berdebat mengenai isu-isu terkini.

Masyarakat yang tergabung dalam kelompok elit non-penguasa menciptakan ruang-ruang yang melaluinya mereka berkontribusi terhadap kepentingan publik. Kelompok dan organisasi ini dapat disebut 'asosiasi sipil'. Karena mereka dibentuk oleh kelompok agama, spiritual, dan pedagang dengan tujuan untuk meningkatkan standar hidup. komunitas dan kota mereka.

Meskipun berkontribusi terhadap kepentingan publik adalah tanggung jawab semua orang. Hal ini terlihat dari bagaimana, ketika seorang tentara Turki mencoba menyerang seorang wanita Muslim di luar Masjid Jami'a di Bagdad pada tahun 1069, terjadi kerusuhan.

Sehari setelah kerusuhan, orang-orang berkumpul di luar istana Khalifah dan menuntut keadilan. Khalifah diberitahu tentang situasi tersebut dan para pedagang serta tokoh setempat pergi untuk menyelesaikan situasi tersebut.

Sufi di Baghdad Abad Pertengahan memberikan studi dan gambaran menarik tentang kehidupan sipil di Bagdad abad pertengahan. Jelas terlihat bahwa berbagai lembaga sipil dan non-elite memainkan peran penting dalam memberikan keamanan, pendidikan dan meningkatkan pembangunan ekonomi bersama dengan lembaga-lembaga elit dan pemerintah.

Masyarakat sehari-hari sangat tertarik dan terlibat aktif dalam menjalankan masyarakat – terlepas dari apakah penguasa menginginkannya atau tidak. Muhammad telah memberikan gambaran yang baik tentang alat apa saja yang tersedia bagi manusia dan kerangka teoritis yang membentuk pemahaman mereka.

Para sufi di Baghdad Abad Pertengahan, sebagaimana buku yang ditulis oleh Atta Muhammad, akan menjadi tambahan yang baik bagi perkembangan ilmu pengetahuan mengenai peran masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dan masyarakat di zaman pramodern.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement