Ahad 04 Feb 2024 12:51 WIB

Selain Istri Nabi Nuh, Adakah Istri Nabi Lain yang Durhaka?

Kisah istri nabi yang durhaka terdapat di dalam Alquran.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Selain Istri Nabi Nuh, Adakah Istri Nabi Lain yang Durhaka?
Foto: Pixabay
Selain Istri Nabi Nuh, Adakah Istri Nabi Lain yang Durhaka?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sejarah agama Islam telah disebutkan istri Nabi Nuh telah melakukan perbuatan durhaka dan khianat terhadap suaminya. Kisah kedurhakaan istri Nabi Nuh ini termaktub dalam kitab suci Alquran.

Lalu, adakah istri Nabi lain yang juga durhaka?

Baca Juga

Kisah istri nabi Lain yang durhaka selain istri Nabi Nuh adalah istri Nabi Luth. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam surat At-Tahrim ayat 10, di mana Allah SWT berfirman:

ضَرَبَ اللّٰهُ مَثَلًا لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوا امْرَاَتَ نُوْحٍ وَّامْرَاَتَ لُوْطٍۗ كَانَتَا تَحْتَ عَبْدَيْنِ مِنْ عِبَادِنَا صَالِحَيْنِ فَخَانَتٰهُمَا فَلَمْ يُغْنِيَا عَنْهُمَا مِنَ اللّٰهِ شَيْـًٔا وَّقِيْلَ ادْخُلَا النَّارَ مَعَ الدّٰخِلِيْنَ

Artinya: "Allah membuat perumpamaan bagi orang-orang yang kufur, yaitu istri Nuh dan istri Luth. Keduanya berada di bawah (tanggung jawab) dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami, lalu keduanya berkhianat kepada (suami-suami)-nya. Mereka (kedua suami itu) tidak dapat membantunya sedikit pun dari (siksaan) Allah, dan dikatakan (kepada kedua istri itu), “Masuklah kamu berdua ke neraka bersama orang-orang yang masuk (neraka).”

Berdasarkan Tafsir Tahlili Kemenag, dalam ayat ini, Allah membuat satu perumpamaan yang menjelaskan keadaan orang-orang kafir yang tidak bermanfaat lagi baginya pelajaran dan nasihat dari orang-orang mukmin yang jujur, antara lain para nabi dan rasul karena kerasnya hati mereka. Tidak ada kesediaan mereka untuk beriman dan fitrah mereka sudah menyimpang dari kebenaran, seperti istri Nabi Nuh dan istri Nabi Luth.

Keduanya di dalam asuhan...

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement