Selasa 30 Jan 2024 06:51 WIB

10 Jenis Maksiat Hati, Muslim Harus Tahu

Salah sattunya menyebut-nyebut kebaikan sedekah (kepada peminta atau penerimanya).

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Amalan terhindari dari perbuatan maksiat. Ilustrasi
Foto:

Ketujuh, buruk sangka kepada Allah (padahal orang mukmin diharuskan selalu mengharapkan rahmat Allah, sambil bertobat dari dosa, berusaha dan berikhtiar). Buruk sangka kepada hamba Allah (yakni buruk sangka ke mukmin yang saleh juga termasuk maksiat hati). Kecuali buruk sangka terhadap orang yang benar-benar jahat, maka buruk sangkanya itu tidak berdosa.

Mendustakan takdir dan qadha Allah (menganggap semua kejadian bahkan yang dianggapnya tidak masuk akal bukan merupakan takdir Allah), ini juga termasuk maksiat hati. Kedelapan, merasa gembira melakukan perbuatan maksiat, baik yang dilakukannya sendiri atau yang dilakukan oleh orang lain, dan mengingkari janji walaupun kepada orang kafir.

Kesembilan, menipu dan membenci sahabat Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya dan orang-orang yang saleh. Kesepuluh, bakhil atau tidak mau melaksanakan kewajiban dari Allah (misalnya tidak mau zakat dan sebagainya). Kikir, tamak terhadap harta orang lain, dan rakus terhadap harta juga maksiat hati. Menghina perkara yang diagungkan Allah, dan menganggap kecil perkara yang diagungkan Allah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement