Selasa 30 Jan 2024 06:51 WIB

10 Jenis Maksiat Hati, Muslim Harus Tahu

Salah sattunya menyebut-nyebut kebaikan sedekah (kepada peminta atau penerimanya).

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Amalan terhindari dari perbuatan maksiat. Ilustrasi
Foto:

Ketiga, takabur atau sombong terhadap hamba-hamba Allah. Yaitu menolak perkara yang hak atau benar. Menghina manusia dan memandang dirinya lebih baik atau lebih unggul daripada kebanyakan makhluk Allah lainnya.

Padahal siapa tahu pada hakikatnya orang lain lebih baik daripadanya, siapa tahu jika dengan mendadak Allah menghilangkan keluhuran derajat atau pangkat seseorang dan mengangkat orang lain yang dianggapnya hina atau rendah. Maka, pada hakikatnya orang yang paling bodoh di dunia ini adalah orang yang takabur, selain orang yang musyrik.

Keempat, hiqdu atau dendam, yaitu menyembunyikan rasa permusuhan. Jika orang yang dendam itu mengerjakan tuntutannya, maka ia tidak mengingkari rasa dendamnya (yaitu selalu mencari kesempatan untuk mencelakakan orang lain).

Kelima, hasud, yaitu membenci kenikmatan yang ada pada orang Muslim dan batinnya merasa tertekan melihat kenikmatan yang dimiliki orang lain. Hasud berusaha menghilangkan nikmat orang lain.

Keenam, menyebut-nyebut kebaikan sedekah (kepada peminta atau penerimanya). Contohnya dengan mengatakan saudara tidak mau menolong aku, padahal aku suka menolong kamu. Menyebut-nyebut kebaikan sedekah itu dapat meleburkan pahalanya, dan membiasakan mengerjakan dosa.

Ketujuh, buruk sangka kepada Allah...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement