Rabu 17 Jan 2024 20:08 WIB

Firaun Mana yang Tenggelam Saat Mengejar Nabi Musa? Ini Kata Ulama

Dalam Alquran sekitar 30 kali Allah SWT menguraikan kisah Nabi Musa dan Firaun.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
The coffin of Ramses II, as part of the exhibition titled
Foto: AP Photo/Mark Baker
The coffin of Ramses II, as part of the exhibition titled

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kisah Firaun yang tenggelam di laut merah saat mengejar Nabi Musa telah terungkap dalam sejarah. Para ulama pun saling berpendapat mengenai siapa atau Firaun ke berapa yang tenggelam itu.

Firaun sendiri merupakan julukan bagi pemimpin atau raja-raja Mesir Kuno kala itu. Sehingga ketika merujuk kisah Firaun dan Nabi Musa, maka timbul pertanyaan mengenai Firaun yang manakah yang ditenggelamkan pada saat mengejar Nabi Musa?

Baca Juga

"Para ulama saling berbeda pendapat, apakah itu Firaun pertama atau Firaun kedua? Pada masa kelahiran Nabi Musa, itu adalah Firaun pertama. Sedangkan waktu ditenggelamkan, itu adalah anak Firaun pertama (Firaun kedua/Ramses ll)," kata KH Ahsin Sakho dalam kajian live streaming, di Ahsin Sakho Center, Rabu (17/1/2024).

Kiai Ahsin menjelaskan bahwa hancurnya Firaun dengan cara tenggelam adalah sebuah kisah yang perlu menjadi pelajaran kepada umat manusia generasi setelahnya. Bahwa kesombongan yang dilakukan Firaun hanya akan menghadirkan siksa yang perih.

 

Saking sombongnya Firaun, kata Kiai Ahsin, ia menyebut sungai-sungai di Mesir itu berada di dalam genggamannya. Firaun juga kerap mengaku dirinya sebagai Tuhan dan menganggap bahwa tiada yang lebih tinggi melainkan dia seorang.

"Firaun itu mengklaim bahwa semua sungai-sungai yang ada di Mesir itu ada dalam kendali atau genggamannya. Bahkan dia bilang, 'Aku adalah Tuhanmu', dia merasa dirinya bukan manusia. Akhirnya karena kesombongannya, justru ia ditenggelamkan oleh air," kata Kiai Ahsin.

Tenggelamnya Firaun...

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement