Selasa 09 Jan 2024 18:42 WIB

Mimpi Sayyidah Aminah Saat Mengandung Nabi Muhammad SAW

Sayyidah Aminah bermimpi didatangi seseorang yang mengatakan sesuatu.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
 Mimpi Sayyidah Aminah saat Mengandung Nabi Muhammad SAW. Foto:  Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad
Foto: Dok Republika
Mimpi Sayyidah Aminah saat Mengandung Nabi Muhammad SAW. Foto: Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketika mengandung Rasulullah SAW, Sayyidah Aminah bermimpi didatangi seseorang yang mengatakan sesuatu kepada beliau.

Ibnu Ishaq dalam kitab Sirah Nabawi menjelaskan mengenai mimpi Sayyidah Aminah tersebut. Ibnu Ishaq berkata, “Banyak orang mengatakan, dan hanya Allah yang lebih tahu, bahwa Aminah binti Wahab, ibunda Rasulullah SAW bercerita bahwa saat mengandung Rasulullah ia bermimpi didatangi seseorang kemudian orang itu berkata kepadanya, “Sesungguhnya engkau sedang mengandung penghulu (pemimpin) umat ini. Jika dia telah lahir ke bumi, maka ucapkanlah, ‘Aku berlindung kepada Allah Tuhan Yang Esa dari keburukan semua pendengki,' dan namakanlah dia Muhammad."

Baca Juga

Dijelaskan bahwa saat mengandung Rasulullah SAW, ia melihat cahaya keluar dari perutnya yang dengannya dia bisa melihat istana-istana Bushra di wilayah Syam.

Tak berapa lama kemudian Abdullah bin Abdul Muthalib, ayahanda Rasulullah SAW meninggal dunia, yakni saat Rasulullah sedang berada dalam kandungan ibundanya, Sayyidah Aminah.

Kelahiran Nabi Muhammad

Ibnu Ishaq berkata bahwa Rasulullah SAW lahir pada hari Senin, tanggal 12 Rabiul

Awwal, tahun Gajah. Ibnu Ishaq berkata, “Al-Muthalib bin Abdullah bin Qais bin Makhramah berkata kepadaku dari ayahnya dari kakeknya yang berkata: Aku dan Rasulullah lahir pada tahun gajah. Kami lahir di tahun yang sama.

Ibnu Ishaq berkata, “Shalih bin Ibrahim bin Abdurrahman bin Auf berkata kepadaku dari Yahya bin Abdullah bin Sa'ad bin Zurarah Al Anshari yang berkata bahwa beberapa orang dari kaumku berkata kepadaku dari Hassan bin Tsabit yang berkata, "Demi Allah, aku saat itu seorang anak yang kuat, berusia tujuh atau delapan tahun." Saat itu, aku mendengar seorang Yahudi berteriak dengan suara sangat keras di atas menara di Yatsrib, "Wahai orang-orang Yahudi!" Manakala orang-orang Yahudi telah berkumpul di sekitarnya, mereka berkata kepadanya, "Celakalah engkau, ada apa gerangan denganmu?" Ia berkata, “Malam ini, telah terbit bintang Ahmad yang ia lahir dengannya.”

Muhammad bin Ishaq berkata, “Aku bertanya kepada Sa'id bin Abdurrahman bin Hassan bin Tsabit, "Berapa usia Hassan bin Tsabit ketika Rasulullah tiba di Madinah?” Ia menjawab, "Enam puluh tahun.” Sedangkan usia Rasulullah saat tiba di Madinah adalah lima puluh tiga tahun. Artinya Hassan mendengar apa yang ia dengar saat dia berusia tujuh tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement