Kamis 14 Dec 2023 07:16 WIB

Ingat! 5 Hal Ini Membuat Dosa Kecil Jadi Besar

Salah satunya yakni jika perbuatan dosa tersebut dilakukan terus-menerus.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Anadolu Agency
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dosa kecil dapat berubah menjadi besar sebab beberapa hal. Salah satunya yakni jika perbuatan dosa tersebut dilakukan terus-menerus.

Melalui pesan Telegram, Ustadz Najmi Umar Bakkar menjelaskan lima hal yang dapat membuat dosa kecil menjadi besar, berikut di antaranya.

Baca Juga

Sebab Dosa Kecil Menjadi Besar

1. Jika Dilakukan Terus-menerus

Ibnu Abbas radhiyallahu ’anhu berkata:

لاَ صَغِيْرَةَ مَعَ الْاِسْتِمْرَارَ وَلاَ كَبِيْرَةَ مَعَ الْاِسْتِغْفَارِ

"Tidak ada dosa kecil apabila dilakukan dengan cara terus-menerus, dan juga tidak ada dosa besar apabila ia diiringi dengan istighfar" (Al-Baihaqi di dalam asy-Syu’ab no. 7150)

2. Jika Menganggap Remeh Dosa

Al-Fudhail bin 'Iyaadh رحمه الله berkata :

"Setiap kali engkau menganggap kecil satu dosa, niscaya ia akan menjadi besar di sisi Allah, dan sebaliknya setiap kali engkau menganggap besarnya satu dosa, maka ia pun akan menjadi kecil di sisi Allah" (Dzammul Hawa hal 184)

3. Jika Diceritakan pada Orang Lain

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda :

كُلُّ أُمَّتِيْ مُعَافىً إِلاَّ الْمُجَاهِرِيْنَ ، وَ إِنَّ مِنَ الْمُجَاهِرَةِ أَنْ يَعْمَلَ الرَّجُلُ بِاللَّيْلِ عَمَلاً ، ثُمَّ يُصْبِحَ وَ قَدْ سَتَرَهُ اللهُ فَيَقُوْلَ : يَا فُلاَنُ عَمِلْتُ الْبَارِحَةَ كذَا وَ كَذَا ، وَقَدْ بَاتَ يَسْتُرُهُ رَبُّهُ وَ يُصْبِحُ يَكْشِفُ سِتْرَ اللهِ عَنْهُ

"Setiap umatku itu akan mendapatkan ampunan, kecuali "Al-Mujaahiriin". Dan yang termasuk dari al-Mujaahiriin adalah seseorang yang telah berbuat (dosa) di malam hari, lantas pada pagi harinya dia "menceritakannya", padahal Allah Ta'ala telah menutupi perbuatannya tersebut, yang mana dia berkata : "Wahai Fulan, tadi malam aku telah berbuat begini dan begitu". Sebenarnya pada malam harinya Rabbnya telah menutupi perbuatannya itu, tetapi di pagi harinya dia menyingkap perbuatannya sendiri yang telah ditutupi oleh Allah" (HR. Bukhari no. 6069, dan Muslim no. 2990, hadits Abu Hurairah)

Merasa gembira...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement