Kamis 07 Dec 2023 16:00 WIB

Doa Lintas Agama Marak, Bagaimana Hukumnya Menurut Islam? Ini Pendapat Kiai Idrus Ramli 

Pada prinsipnya Islam tidak melarang interaksi sosial dalam beragama

Ilustrasi doa lintas agama. Pada prinsipnya Islam tidak melarang interaksi sosial dalam beragama
Foto: ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo
Ilustrasi doa lintas agama. Pada prinsipnya Islam tidak melarang interaksi sosial dalam beragama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Islam tidak melarang umatnya berinteraksi dengan komunitas agama lain. Rahmat Allah SWT yang diberikan melalui Islam, tidak mungkin dapat disampaikan kepada umat lain, jika komunikasi dengan mereka tidak berjalan baik. 

Karena itu, para ulama fuqaha dari berbagai mazhab membolehkan seorang Muslim memberikan sedekah sunnah kepada non-Muslim yang bukan kafir harbi.

Baca Juga

Demikian pula sebaliknya, seorang Muslim diperbolehkan menerima bantuan dan hadiah yang diberikan non-Muslim. Para ulama fuqaha juga mewajibkan seorang Muslim memberi nafkah kepada istri, orang tua, dan anakanak yang non-Muslim. 

Di sisi lain, karena seorang Muslim bertanggung jawab menerapkan basyiran wa nadziran lil-‘alamin, Islam melarang umatnya berinteraksi dengan non-Muslim dalam hal-hal yang dapat menghapus misi dakwah Islam terhadap mereka. 

 

Mayoritas ulama fuqaha tidak memperbolehkan seorang Muslim menjadi pekerja tempat ibadah agama lain, seperti menjadi tukang kayu, pekerja bangunan, dan lain sebagainya karena hal itu termasuk menolong orang lain dalam hal kemaksiatan, ciri khas dan syiar agama mereka yang salah dalam pandangan Islam. 

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

“Dan, tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa dan jangan tolongmenolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.” (QS al-Maidah [5]: 2).

Doa bersama lintas agama dewasa ini juga agak marak dilakukan. Sebagian beralasan Islam rahmatan lil-‘alamin. Padahal, karakter rahmatan lil-‘alamin sebenarnya tidak ada kaitannya dengan doa bersama lintas agama. 

Baca juga: Pesan Rasulullah SAW: Jangan Pernah Tinggalkan Sholat 5 Waktu

Sebagaimana dimaklumi, doa merupakan inti dari pada ibadah (mukhkhul ‘ibadah) yang dilakukan oleh seorang hamba kepada Tuhan. Tidak jarang, seorang Muslim berdoa kepada Allah SWT dengan harapan memperoleh pertolongan agar segera keluar dari kesulitan yang sedang dihadapi. 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement