Selasa 05 Dec 2023 13:59 WIB

Kisah Hudzaifah bin Yaman, Mata-Mata Muslim dan Penjaga Rahasia Rasulullah (1)

Hudzaifah memiliki kecerdasan cemerlang dan mampu menjaga rahasia.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Sahabat Nabi (Ilustrasi)
Foto:

Dalam perang Khandaq, Rasulullah saw bahkan menugaskan Hudzaifah untuk menjadi mata-mata. Ini membuktikan Rasulullah saw sangat mempercayai Hudzaifah dan mengetahui betapa pentingnya peran intelijen dalam menyusun sebuah strategi peperangan. Prinsip intelijen Rasulullah adalah menempatkan orang kepercayaannya yang mampu menjaga rahasia dan langsung melaporkannya kepada Rasulullah saw.

Dalam perang khandaq atau yang dikenal juga sebagai pertempuran al-Ahzab, yang terjadi pada Bulan Syawal 5 H, kaum Muslimin dikepung oleh pasukan Quraisy yang berjumlah 10 ribu orang ditambah bantuan kekuatan dari kaum Yahudi. Mereka berencana menyerang kota Madinah yang saat itu hanya memiliki kekuatan 3.000 orang.

Hari demi hari, kaum Muslim semakin menderita. Jika dibiarkan, hal ini akan menggoyahkan keimanan kaum Muslim yang masih lemah.

Untuk menghadapi pasukan Quraisy dan yahudi, Rasulullah saw membuat strategi perang yang jitu pada masa itu, yakni membuat parit (khandaq) di sekeliling kota Madinah. Pada malam itu juga, Rasulullah saw kemudian menugaskan Huzaifah untuk menjadi mata-mata pasukan Muslimin. Huzaifah menyusup di ke dalam pasukan lawan. Rizem Aizid dalam bukunya, The Great Sahaba menyebutkan misi yang diemban adalah mencari informasi dari musuh.

Huzaifah kemudian bercerita: “Aku melihat Abu Sufyan menghangatkan diri dekat api. Kuambil panahku dan hendak aku bidikkan, tetapi aku teringat pesan Rasulullah saw. Maka aku membatalkan niatku. Lalu aku kembali dan melaporkan kepada Rasulullah bahwa pasukan musuh sudah kembali ke Makkah. Saat itu, aku dalam kondisi kedinginan, lalu Rasul memberiku sehelai kain penghangat yang biasa beliau gunakan dalam shalat. Aku pun tertidur hingga pagi. Ketika itu, Rasulullah menyapaku, qum ya nauman! (bangunlah wahai orang yang banyak tidur).”

Bersambung...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement