Kamis 30 Nov 2023 17:22 WIB

Tiga Hadits Memerintahkan Akikah dan Waktu Pelaksanaannya

Akikah dilaksanakan ketika seorang bayi dilahirkan.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Akikah (ilustrasi).
Foto: blogspot.com
Akikah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Apa itu akikah, apakah akikah itu diharuskan bagi umat Islam? Kapan dan bagaimana waktu pelaksanaannya? Menurut Fikih Sunnah Wanita karya Abu Malik Kamal, disebutkan bahwa akikah merupakan proses penyembelihan hewan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah swt atas bayi yang telah lahir.

Akikah disunnahkan untuk dilaksanakan pada hari ke tujuh dari kelahiran bayi.  Untuk bayi laki-laki menyembelih dua domba, dan untuk bayi perempuan cukup satu domba.

Baca Juga

Salman ibnu Amir  adh-Dhabbi meriwayatkan, bahwa Rasulullah saw bersabda, 

مَعَ اْلغُلاَمِ عَقِيْقَةٌ فَاَهْرِيْقُوْا عَنْهُ دَمًا وَ اَمِيْطُوْا عَنْهُ اْلاَذَى

 

ma’al ghulaami ‘aqiiqotun faahriiqu ‘anhu daamaawa amiithuu ‘anhul adzaa.”

“Akikah dilaksanakan ketika seorang bayi dilahirkan. Maka tumpahkanlah darah karena dia dan hilangkanlah gangguan darinya,” (HR Bukhari, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Aisyah meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda,

أَنَّ عَائِشَةَ أَخْبَرَتْهَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَهُمْ عَنْ الْغُلَامِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ وَعَنْ الْجَارِيَةِ شَاةٌ

an ‘aishata akhbarothaa an Rasulullahi sallallohuu alaihi wasallama amarahum ‘anghulaami shaatani mukaafiataani wa man jaariyati shaatun.

Artinya, “(Akikah) untuk seorang bayi laki-laki adalah dua domba yang sama dan untuk seorang bayi perempuan adalah satu domba,” (HR Tirmidzi dan Ahmad).

Sumrah juga meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda,

عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: كُلُّ غُلاَمٍ رَهِيْنَةٌ بِعَقِيْقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَ يُحْلَقُ وَ يُسَمَّى

‘an samuratabni jundabin an Rasulullahi qaala: kullun ghulaamin rahiinatun bi ‘aqiqatihi tudzbahu ‘anhu yauma saabi’ihi wa yuhlaqu wa yusaman.”

“Setiap bayi yang lahir jaminannya adalah akikahnya yang disembelih pada hari ke tujuh dari hari kelahirannya. Pada hari itu juga dia diberi nama dan rambutnya dipotong.” (HR Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah).

Pada pelaksanaan akikah, disunnahkan memberikan makanan, minuman, dan menyedekahkan daging domba yang disembelih. 

Hewan yang bisa dijadikan akikah adalah hewan yang bisa dijadikan kurban, seperti domba atau kambing yang tidak cacat.

 

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement