Sabtu 25 Nov 2023 13:10 WIB

Isyarat Nabi Muhammad Tentang Abu Bakar dan Umar Jadi Khalifah 

Nabi Muhammad mendakwahkan kearifan Islam.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto:

Dan sabda Rasulullah SAW:  

حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْأُمَوِيُّ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ سَالِمٍ أَبِي الْعَلَاءِ الْمُرَادِيِّ عَنْ عَمْرِو بْنِ هَرِمٍ عَنْ رِبْعِيِّ بْنِ حِرَاشٍ عَنْ حُذَيْفَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كُنَّا جُلُوسًا عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ إِنِّي لَا أَدْرِي مَا بَقَائِي فِيكُمْ فَاقْتَدُوا بِاللَّذَيْنِ مِنْ بَعْدِي وَأَشَارَ إِلَى أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ

Telah menceritakan kepada kami Sa'id bin Yahya bin Sa'id Al Umawi telah menceritakan kepada kami Waki' dari Salim Abu Al 'Ala` Al Muradi dari 'Amru bin Harim dari Rib'i bin Hirasy dari Hudzaifah radliallahu 'anhu berkata; "Kami duduk-duduk di samping Nabi shallallahu 'alaihi wasallam lalu beliau bersabda: Sesungguhnya aku tidak tahu sampai kapan aku akan hidup bersama kalian, oleh karena itu teladanilah dua orang sepeninggalku." -sambil menunjuk Abu Bakar dan Umar-. (HR. Tirmidzi no 3596).  

 

“Bahwa apa yang diisyaratkan oleh Rasulullah SAW benar-benar tejadi, yakni Abu Bakar Ash Shiddiq menjadi khalifah sepeninggal Rasulullah SAW kemudian disusul Umar persis seperti yang diberitahukan sebelumnya oleh Rasulullah SAW,” (Huru Hara Hari Kiamat, halaman 4).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement