Sabtu 25 Nov 2023 13:10 WIB

Isyarat Nabi Muhammad Tentang Abu Bakar dan Umar Jadi Khalifah 

Nabi Muhammad mendakwahkan kearifan Islam.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto: Republika
Nabi Muhammad (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Abu Bakar Ash Shiddiq dan Umar bin Khattab adalah sahabat yang paling dekat dengan Rasulullah SAW. Keduanya memiliki kualitas keimanan dan ketakwaan yang tinggi, memiliki ilmu dan kebijaksanaan serta adil dalam memutus perkara, dan dapat menghadirkan solusi di tengah persoalan yang dihadapi umat Muslim. 

Hingga setelah Rasulullah SAW wafat, umat Muslim pun dengan mantap mengangkat Abu Bakar Ash Shiddiq dan -para periode berikutnya- Umar bin Khattab sebagai Khalifah. Tapi sebenarnya tanda-tanda Abu Bakar Ash Shiddiq dan Umar bin Khattab akan menjadi Khalifah tersirat dalam sabda Rasulullah SAW sebelum beliau wafat.

Baca Juga

Ibnu Katsir dalam kitab An Nihayah Fitan wa Ahwal Akhir Az Zaman menuliskan beberapa hadits yang menjadi tanda bahwa Abu Bakar Ash Shiddiq dan Umar bin Khattab memang akan menjadi Khalifah sepeninggal Rasulullah SAW. 

حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ أَتَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ امْرَأَةٌ فَكَلَّمَتْهُ فِي شَيْءٍ فَأَمَرَهَا أَنْ تَرْجِعَ إِلَيْهِ قَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ جِئْتُ وَلَمْ أَجِدْكَ كَأَنَّهَا تُرِيدُ الْمَوْتَ قَالَ إِنْ لَمْ تَجِدِينِي فَأْتِي أَبَا بَكْرٍ

 

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Abdul Aziz bin Abdullah, telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin sa'd dari Ayahnya dari Muhammad bin Jubair bin Muth'im dari Ayahnya mengatakan, ada seorang wanita menemui Nabi SAW dan mengajak beliau bicara tentang suatu hal. Lantas beliau menyuruh si wanita itu untuk menemuinya di kemudian hari. Si wanita menjawab, 'hai Rasulullah, bagaimana kalau aku datang namun tidak mendapatkanmu? - sepertinya yang wanita maksudkan, jangan-jangan Nabi SAW sudah meninggal- Nabi menjawab "Jika kau tidak menemukan aku, datangilah Abu Bakar.” (HR. Bukhari nomor 7220 dalam Fathul Bari). 

“Dan ternyata benar, bahwa yang memerintah kaum Muslimin sepeninggal beliau adalah Abu Bakar. Begitu pula, sabda beliau ketika hendak menulis surat wasiat bahwa Abu Bakar yang akan menggantikan kedudukan beliau sebagai khalifah, tetapi tidak jadi, karena beliau tahu para sahabatnya tak akan berpaling dari Abu Bakar. Dan hal itu karena mereka mengakui keunggulan dan keutamaan Abu Bakar sebagai orang yang pertama-tama masuk Islam,” (Huru Hara Hari Kiamat, penerbit Pustaka Al Kautsar, 2002, halaman 3-4). 

Sabda yang dimaksud adalah:

حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعْدٍ حَدَّثَنَا صَالِحُ بْنُ كَيْسَانَ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي مَرَضِهِ ادْعِي لِي أَبَا بَكْرٍ أَبَاكِ وَأَخَاكِ حَتَّى أَكْتُبَ كِتَابًا فَإِنِّي أَخَافُ أَنْ يَتَمَنَّى مُتَمَنٍّ وَيَقُولُ قَائِلٌ أَنَا أَوْلَى وَيَأْبَى اللَّهُ وَالْمُؤْمِنُونَ إِلَّا أَبَا بَكْرٍ

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Ubaidullah bin Sa'id, telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun, telah mengabarkan kepada kami Ibrahim bin Sa'ad, telah menceritakan kepada kami Shalih bin Kaisan dari Az Zuhri dari Urwah dari Aisyah dia berkata, pada suatu hari ketika Rasulullah SAW sakit beliau berkata kepada saya : ‘Panggillah ayahmu Abu Bakar dan saudara laki-lakimu ke sini, agar aku buatkan sebuah surat (keputusan Khalifah). Karena aku khawatir jika kelak ada orang yang ambisius dan berkata, Akulah yang lebih berhak menjadi khalifah. Sementara Allah dan kaum Muslimin tidak menyetujuinya selain Abu Bakar. (HR Muslim nomor 2387 dalam Syarah Sahih Muslim). 

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement