Rabu 15 Nov 2023 10:56 WIB

Masjid Ibrahim, Tempat Suci Kebanggaan Muslim di Palestina (Bagian 1)

Pada 1994, masjid ini menjadi saksi peristiwa pembunuhan massal jamaah Palestina.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Ibrahimi di Hebron, Tepi Barat, Palestina.
Foto:

Namun, pada 1187, panglima umat Islam Salahuddin al-Ayyubi berhasil mengusir Tentara Salib dari Hebron dan mengubah gereja itu menjadi Masjid Ibrahim. Di bawah pemerintahan Islam, Masjid Ibrahim diberi perhatian khusus dan didekorasi dengan banyak permadani hijau yang dihiasi dengan ayat-ayat Alquran.

Masjid Ibrahim terdiri dari sebuah bangunan besar berukuran 60 meter dan lebar 34 meter. Bangunan ini dikelilingi oleh tembok besar yang dibangun dari batu besar yang dipotong secara halus. Masjid Ibrahim memiliki dua menara yang didesain dengan gaya Dinasti Mamluk dengan ketinggian masing-masing sekitar 15 meter dari permukaan bangunan.

Mimbar Masjid Ibrahim berada di sebelah kanan tangga mihrab yang memiliki ciri khas desain periode Dinasti Fatimiyyah. Mimbar ini dianggap mimbar paling tua yang digunakan umat Islam. Kendati demikian, kondisi mimbar masih terawat hingga kini.

Di sebelah utara Masjid Ibrahim terdapat halaman terbuka yang dikelilingi oleh kamar, sedangkan di sudut utara masjid terdapat sebuah ruang untuk berdoa. Adapun di bagian selatan terdapat mihrab dan serambi Sultan Barquq, dan di sebelah baratnya adalah Jami an-Nisaa.

Meskipun usianya sangat panjang dan banyak terjadi gempa besar di Hebron, bangunan Masjid Ibrahim tidak kehilangan stabilitas dan tidak pernah mengalami kerusakan yang memerlukan restorasi.

Kehidupan Nabi Ibrahim di Hebron

Seperti diceritakan dalam sejarah para nabi, sebelum Ibrahim membawa Hajar dan Ismail ke Makkah, mereka tinggal bersama di Hebron. Nabi Ibrahim menetap di kota ini, setelah meninggalkan Kota Babilonia. Di Babilonia, Ibrahim sempat berhadapan dengan Raja Namrudz, karena ia menghancurkan berhala yang menjadi sesembahan masyarakat saat itu.

Saat tinggal di Hebron...

(Bersambung ke bagian dua)

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement