Rabu 08 Nov 2023 16:56 WIB

Pohon yang Disebutkan Rasulullah SAW Ini Kini Banyak Ditanam di Wilayah Jajahan Israel

Israel menanam pohon gharqad di berbagai wilayah mereka

Pohon yang banyak ditanam di Israel, yang disebut-sebut gharqad. Israel menanam pohon gharqad di berbagai wilayah mereka
Foto:

Sebagian lainnya menyatakan pohon tersebut ditanam di Gerbang Herodus, lainnya mengklaim bahwa pohon tersebut sebenarnya bukanlah sebuah pohon, tapi semak-semak yang bisa ditemukan di luar Gerbang Jaffa, Yerusalem. 

Kawasan ini, tulis keduanya, dipercaya oleh Muslim kelak akan menjadi tempat pertarungan Nabi Isa dengan Dajjal yang didukung orang-orang Yahudi. Di sanalah Nabi Isa akan membunuh messiah palsu yang mengaku tuhan, sampai orang-orang Yahudi berkata, “Tuhan kita telah mati.” 

Sebagian lainnya, tulis keduanya, menganggap Gharqad merupakan sebuah simbol. Anne Marie Oliver dan Paul F Steinberg mengutip dari Syekh Ismail Jamal, Imam Masjid Jericho, dan pendukung Fatah, tentang penggunaan Gharqad sebagai kiasan, saat bangkitnya gerakan perlawanan sipil (Intifada) di Palestina.

Gharqad saat itu merupakan representasi “kolaborator yang tidak menga takan ‘Ini Yahudi’. Dan, “Tentu saja, pohon Gharqad pun mensimbolkan semua kekuatan dunia yang berkon spirasi dengan Yahudi untuk melawan Muslim,” tulis keduanya.

Alhasil, pohon Gharqad, tulis Anne Marie Oliver dan Paul F Steinberg, menjadi sebuah kiasan yang kuat dalam perjuangan Muslim-Israel dan Palestina- Israel, merebut Yerusalem dan Tanah Suci. Muslim di seluruh dunia, tulis ke duanya, secara umum merefer ke pohon tersebut secara eksklusif, dalam hal-hal yang berkaitan dengan Yerusalem dan Palestina.

Persoalannya, tulis Anne Marie Oliver dan Paul F Steinberg, pohon Gharqad pun sangat dikenal di kalangan Yahudi Israel, khususnya kalangan Nasionalis Orthodox. Bahkan, “Mereka mema suk kan hadits-hadits [tentang Gharqad] tersebut dalam kurikulum SMA mereka, yang kemudian diinterpretasi oleh kalangan Islam sebagai bukti bahwa orang-orang Yahudi mengakui kebenaran hadits Nabi yang menubuatkan akhir nasib orang-orang Yahudi.”

Baca juga:10 Peluang Pintu Langit Terbuka Lebar, Doa yang Dipanjatkan Insya Allah Dikabulkan

Anne Marie Oliver dan Paul F Stein berg menyatakan, “Bagi keduanya, orang Israel maupun orang Palestina, Gharqad berduri telah terangkat dari sebuah referensi yang samar dari sebuah hadits menjadi pemain utama dalam pertem puran untuk Yerusalem dan Tanah Suci, termasuk nasib dunia.” 

Lantas, sudah berapa banyak pohon Gharqad yang ditanam di Israel? Sampai saat ini, tak ada data pasti. Bahkan, datadata tentang pohon ini terkesan menghilang dari situs-situs di Israel, termasuk situs milik JNF. 

 

Situs organisasi ini mengklaim hanya menanam Zaitun, Pinus, dan Akasia. Hingga 2007, organisasi yang meng ga lang dana untuk menanam pohon, dengan harga 18 dolar AS per pohon, ini, mengklaim telah menanam lebih dari 240 juta pohon. Jumlah pohon yang ditanam JNF, hampir sama dengan jumlah penduduk Indonesia.    

photo
Tiga Front Perlawanan Palestina - (Republika)

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement