Rabu 08 Nov 2023 04:33 WIB

Al Quds, Kota Suci yang Diabadikan Alquran dan Dijunjung Agama Samawi

Al Quds (Yerusalem) adalah kota suci sepanjang zaman.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Seorang warga Palestina melakukan swafoto saat menghadiri perayaan hari raya Idul Fitri di Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Jumat, (21/4/2023). Perayaan Idul Fitri di Masjid Al-Aqsa berlangsung dengan aman. Ribuan warga Palestina tumpah ruah memenuhi area kompleks Masjid Al-Aqsa.
Foto:

Selain itu, Allah SWT berfirman, "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS. Al Isra ayat 1)

Dengan demikian, anggota Dewan Ulama Sepuh Mesir itu menyampaikan, berdasarkan status ini, umat Islam memandang Al Quds sebagai tempat suci yang mulia sehingga mereka diharuskan untuk ke sana.

Diriwayatkan dari Abu Said Al Khudri RA, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

 وَلاَ تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلاَّ إِلَى ثَلاَثَةِ مَسَاجِدَ مَسْجِدِ الْحَرَامِ وَمَسْجِدِ الأَقْصَى وَمَسْجِدِي)) (البخاري)

"Janganlah melaksanakan suatu perjalanan, kecuali ke tiga masjid ini. Masjidil Haram, Masjid Al Aqsa, dan Masjidku (Masjid Nabawi)." (HR. Bukhari)

Ali Jum'ah juga menyampaikan, status kesucian Al Quds tidak terbatas pada jiwa umat Islam saja, tetapi juga memiliki arti penting di antara ketiga agama tersebut, yakni Islam, Kristen dan Yahudi.

 

Maka dikatakan, "Kecantikan ada sepuluh bagian. Sembilan di antaranya dikumpulkan di Al Quds, dan sisanya dibagikan ke seluruh dunia. Adapun penderitaan ada sepuluh bagian. Sembilan di antaranya dibagikan ke Yerusalem, dan sisanya dibagikan ke seluruh dunia."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement