Selasa 07 Nov 2023 15:41 WIB

Cara Bedakan Bisikan dari Allah, Nafsu, dan Setan

Bisikan baik datang dari Allah SWT dan malaikat yang ditugaskan-Nya.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto:

Timbangan syariah. Jika keinginan yang terlintas dalam hati kamu itu sesuai dengan tuntunan agama, berarti itu baik. Namun, jika berlawanan dengan tuntunan yang haq atau berstatus syubhat (meragukan), maka itu berarti buruk.

Akan tetapi, jika masih belum jelas bagi kamu dengan menggunakan timbangan ini, beralihlah kepada teladan yang ditunjukkan oleh para alim yang pernah hidup di masa lalu (salafus saleh). Jika ada contohnya dari mereka, maka ide atau bisikan itu berarti baik, dan sebaliknya jika berlawanan dengan contoh dari orang-orang saleh tersebut, maka itu buruk.

Kemudian, jika masih belum jelas juga bagi kamu dengan timbangan ini, tawarkan saja kepada hawa nafsu, lalu lihatlah reaksinya. Jika nafsu kamu tidak suka, berarti bisikan itu baik, tapi jika hawa nafsu kamu cenderung kepadanya secara insting lahiriah (bukan karena harapan kepada Allah), maka itu buruk. Sebab, nafsu itu benar-benar menyuruh kepada keburukan, tidak cenderung kepada kebaikan.

Dengan menggunakan ketiga timbangan tersebut akan jelas bagi kamu perbedaan antara bisikan baik dari bisikan buruk. Hanya Allah Ta'ala yang memberikan hidayah dengan anugerah-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Zat Yang Maha Pemurah lagi Maha Pengasih.

Cara Mengenali Bisikan Buruk

Seorang ulama mengatakan untuk mengetahui apakah sebuah bisikan buruk yang muncul di hati kamu itu berasal dari Allah atau setan atau berasal dari hawa nafsu kita, maka ini juga harus diuji dalam tiga timbangan.

Pertama, jika bisikan itu...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement