Sabtu 28 Oct 2023 15:24 WIB

Ini Dia Makhluk Penghuni Bumi Sebelum Nabi Adam

Nabi Adam dikenal sebagai manusia pertama.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Jejak ini diklaim bekas telapak kaki Nabi Adam AS di Srilanka
Jejak ini diklaim bekas telapak kaki Nabi Adam AS di Srilanka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penciptaan nabi Adam beserta keturunannya diberitahukan kepada para malaikat karena keistimewaan yang akan dimiliki manusia, seperti pemberitahuan suatu hal yang besar yang akan dilakukan. Allah berfirman:

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Baca Juga

Artinya: Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui". (Alquran surat Al Baqarah ayat 30).

Para malaikat bertanya kepada Allah: 'Apalah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana'. Pertanyaan ini diajukan untuk mencari tahu dan meminta penjelasan agar dapat dijadikan hikmah oleh mereka, bukan seperti disangkakan oleh beberapa orang bahwa itu sebagai bentuk protes atau dengki terhadap manusia ataupun merendahkan mereka. 

 

Imam Qatadah mengatakan (Lihat Mushannaf Abdurrazzaq (1/42) dan Tafsir Ibnu Katsir (1/102) : Para malaikat itu tahu bahwa hal itu akan terjadi, karena mereka telah melihat apa yang dilakukan oleh al hin dan al bin di dunia sebelum penciptaan nabi Adam. Al Hin dan al bin adalah sekelompok bangsa jin yang tinggal di muka bumi, dan pertumpahan darah itu dilakukan oleh beberapa di antara mereka yang bodoh, lemah, atau anjing-anjing mereka. Ada pula yang mengatakan bahwa postur penciptaan al hin dan al bin itu antara bangsa jin dan manusia. 

Abdullah bin Amru mengatakan: al hin dan al bin itu telah hidup di dunia dua ribu tahun sebelum diciptakannya nabi Adam, dan mereka saling membunuh satu sama lain, maka Allah mengutus sejumlah bala tentara dari golongan malaikat ke bumi untuk mengusir mereka ke pulau terpencil. 

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement