Rabu 04 Oct 2023 19:41 WIB

Deretan Ulama yang Memilih Jomblo

Selain jomblo, ulama berikut ini dikenal punya banyak kehebatan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi ulama mengaji dan tadabur ayat Allah.
Foto:

Ulama lain yang memilih tidak menikah adalah Imam Zamakhsyari. Nama lengkapnya adalah Abul Qasim Mahmud bin Umar al-Zamakhsyari al-Khwarizmi (w 538 H/1143 M). Khwarizmi adalah nama sebuah provinsi di Asia Tengahm seperti halnya Bukhara dan Samarkand.

6. Imam Nawawi

Nama lain yang tidak menikah sampai akhir hayatnya adalah Imam Nawawi (w 1277 M). Ia lebih memilih jalan hidup membujang dan mengisinya dengan menekuni ilmu pengetahuan dan menyebarkannya sekaligus mengabdi kepada umat. 

Nama lengkapnya adalah Yahya bin Syaraf bin Muri bin Hasan bin Husein bin Muhammad bin Jum’ah bin Hizam. Imam Nawawi adalah seorang ahli fikih mazhab Syafi’i, ahli hadits, dan zahid. 

7. Ibnu Taimiyah 

Imam Ibnu Taimiyah (w 1328 M) adalah seorang ulama besar terakhir yang memilih tidak menikah. Nama lengkapnya adalah Taqiyuddin Ahmad bin Abdul Halim bin Abdussalam bin Abdullah bin Abul Qasim al-Khidr bin Muhammad bin Khidr bin Ali bin Abdullah bin Taimiyah al-Harani ad-Dimasyqi. 

Ia lahir di Haran, Damaskus, pada Rabiul Awal 661 Hijriyah. Namanya disebut sebagai Syaikhul Islam. Ia termasuk ulama yang memiliki banyak keahlian, seperti ahli hadits, ahli tafsir, ahli ushul fikih, mujtahid, mujaddid, dan seorang mujahid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement