Selasa 26 Sep 2023 20:24 WIB

Kisah Ulama Salaf yang Beribadah tanpa Ingin Diketahui Siapa Pun

Dia lebih dikenal dengan nama Ibnul Mubarak.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: MgIt03
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Abdullah bin Al Mubarak adalah ulama hadits dari generasi salaf dan juga merupakan seorang yang zuhud. Nama lengkapnya ialah Abu Abdurrahman Abdullah bin Al Mubarak bin Wadhih. Dia lebih dikenal dengan nama Ibnul Mubarak.

Abdullah bin Al Mubarak lahir pada tahun 118 H/736 M dari ayahnya seorang Turki dan ibunya Persia. Dia wafat pada tahun 181 H.

Baca Juga

Dari ketokohan Abdullah bin Al Mubarak, banyak hal baik yang bisa dipetik. Salah satunya adalah ketika dia beribadah tanpa diketahui oleh siapa pun. Meski pada akhirnya amal ibadahnya itu diketahui juga oleh orang lain, yakni Muhammad bin Ayman.

Muhammad bin Ayman bercerita, suatu malam ketika terjadi serangan dari Romawi, Abdullah bin Al Mubarak merebahkan kepalanya untuk menunjukkan bahwa dia tidur. Begitu pun Muhammad bin Ayman yang merebahkan kepala seolah dia juga tertidur sehingga Abdullah bin Al Mubarak mengira Muhammad bin Ayman sudah tidur.

Tak lama setelah itu, Abdullah bin Al Mubarak bangun dan memulai melaksanakan sholat. Sholat ini terus dilakukan sampai saat fajar tiba. "Dan aku melihatnya," kata Muhammad bin Ayman.

Ketika waktu fajar tiba, Abdullah bin Al Mubarak membangunkan Muhammad bin Ayman yang dikiranya sedang tidur. "Wahai Muhammad," kata Abdullah bin Al Mubarak membangunkan.

Lalu, Muhammad bin Ayman berkata, "Sebetulnya aku tidak tidur." Mendengar hal itu, tampak Abdullah bin Al Mubarak tidak menyukainya.

"Setelah mendengar perkataanku, dia berbicara kepadaku seolah merasa tak nyaman karena aku mengetahui amalan yang dilakukannya. Aku belum pernah melihat seorang lelaki yang merasa lebih senang dengan kebaikannya daripada dirinya," kata Muhammad bin Ayman (kitab Al Jarh wa Al Ta'diil).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement