Sabtu 07 Oct 2023 03:25 WIB

Barang-Barang yang Digunakan Nabi Muhammad Ketika Tidur

Rasulullah biasa tidur di atas ranjang itu sampai meninggal.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Barang-Barang yang Digunakan Nabi Muhammad Ketika Tidur
Foto:

Ketika Rasulullah datang, maka beliau bertanya kepadaku, ‘Apakah ini, wahai Aisyah?’. Aku menjawab, ‘Wahai Rasulullah, tadi ada seorang perempuan Anshar datang kepadaku. Tatkala melihat tikar engkau, maka dia bergegas pergi lalu mengirimkan barang ini kepadaku’.

Nabi kemudian bersabda, ‘Kembalikanlah ia, Wahai Aisyah. Demi Allah, seandainya aku menghendaki, niscaya Allah menjalankan bersamaku gunung dari emas dan perak’,”.

Dijelaskan barangkali penolakan tersebut kembali pada konsistensi Rasulullah yang ingin menjalani hidup dengan ubudiyah (peribadahan). Hadits tersebut juga membantah anggapan tikar yang dapat dilipat dan dibentangkan menunjukkan kondisi kehidupan Rasulullah adalah sempit dan fakir.

Barangkali, kata Abdul Fattah, Rasulullah memilih tikar tipe tersebut sebab mudah dilipat ketika hendak mendirikan sholat malam. Yang jelas, tikar itu bukanlah tikar kamar keluarga, dalam arti bukan tikar untuk tidur Rasulullah bersama istri beliau.

Hal ini bahkan lebih jelas tatkala hadits riwayat Ibnu Majah dibaca, berikut haditsnya dari Ibnu Umar yang berkata, "Ketika Nabi beri'tikaf, maka beliau membentangkan tikar beliau, atau beliau membentangkan kasur di balik tiang."

photo
Lima momentum Rasulullah menangis. - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement