Rabu 20 Sep 2023 08:21 WIB

Amalan Sederhana Seorang Ibu yang Berbuah Surga

Surga merupakan hadiah bagi seorang Muslim.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Ibu dan anaknya (ilustrasi).
Foto: Dok Republika.co.id
Ibu dan anaknya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surga merupakan hadiah bagi seorang Muslim. Banyak amalan-amalan yang dapat dilakukan seorang Muslim agar mendapat surga.

Seorang ibu yang beriman, misalnya tak luput dari hadiah surga. Amalan sederhana pun jika dilakukan dengan ikhlas, maka surga menunggunnya.

Baca Juga

Pengurus Bidang Dakwah MIUMI Yogjakarta, Nanung Danar Dono menyebutkan sebuah hadits dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata:

جَاءَتْنِى مِسْكِينَةٌ تَحْمِلُ ابْنَتَيْنِ لَهَا فَأَطْعَمْتُهَا ثَلاَثَ تَمَرَاتٍ فَأَعْطَتْ كُلَّ وَاحِدَةٍ مِنْهُمَا تَمْرَةً وَرَفَعَتْ إِلَى فِيهَا تَمْرَةً لِتَأْكُلَهَا فَاسْتَطْعَمَتْهَا ابْنَتَاهَا فَشَقَّتِ التَّمْرَةَ الَّتِى كَانَتْ تُرِيدُ أَنْ تَأْكُلَهَا بَيْنَهُمَا فَأَعْجَبَنِى شَأْنُهَا فَذَكَرْتُ الَّذِى صَنَعَتْ لِرَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ « إِنَّ اللَّهَ قَدْ أَوْجَبَ لَهَا بِهَا الْجَنَّةَ أَوْ أَعْتَقَهَا بِهَا مِنَ النَّارِ »

“Saya didatangi oleh seorang wanita miskin yang membawa kedua anak perempuannya. Lalu saya memberikan makanan kepada mereka berupa tiga buah kurma. Wanita itu memberikan setiap sebiji kurma itu kepada kedua anaknya dan sebuah lagi diangkat lagi ke mulutnya. Namun, kedua anaknya itu meminta kurma yang hendak dimakannya tersebut. Kemudian wanita tadi memotong buah kurma yang hendak dimakan itu menjadi dua bagian dan diberikan pada kedua anaknya.

Keadaan wanita itu membuat saya takjub, maka saya beritahukan perihal wanita itu kepada Rasulullah ﷺ. Beliau kemudian bersabda, “Sesungguhnya Allah telah mewajibkan untuk wanita itu masuk surga karena perbuatannya atau akan dibebaskan juga dari siksa neraka.” (HR. Muslim no. 2630).

Berbahagialah, wahai para Ibu. Karena pengorbanan yang sederhana dari seorang ibu untuk anak-anaknya bisa mengantarkannya ke dalam surga, atau perlindungan dari adzab neraka. Pengorbanan yang sederhana saja bisa berbuah kemuliaan Surga, apalagi pengorbanan yang lebih dari itu.

Setiap amalan seorang ibu yang diniatkan agar anak-anaknya bahagia, maka itu bagian dari jalan menuju kemuliaan surga. Maka, terbuka lebar pintu surga dan tertutup rapat pintu neraka, bagi seorang ibu yang secara ikhlas melakukan segala yang terbaik bagi anak-anaknya.

Semoga Allah SWT senantiasa memuliakan Engkau, wahai para Ibu mulia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement