Sabtu 16 Sep 2023 12:14 WIB

7 Kunci Berhasilnya Dialog Orang Tua dan Anak Sesuai Tuntunan Islam

Dialog juga harus dilakukan dalam mendidik anak.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Orangtua murid mengantar anaknya ke sekolah di SD Negeri Anyelir 1 Depok ,Jawa Barat, senin (17/7/2023). Wali Kota Depok Mohammad Idris mengeluarkan surat edaran yang mengatur tentang hari pertama masuk sekolah. Salah satu poinnya yaitu mengimbau agar seluruh orang tua bisa mengantar anaknya pada hari pertama masuk sekolah. Selain itu juga memberikan kompensasi waktu kepada ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah Kota Depok untuk mengantar putra dan putrinya ke sekolah. Hal ini bertujuan untuk mendukung implementasi Depok sebagai Kota Layak Anak.
Foto:

4. Dengarkan anak dengan seksama

Dengarkan anak baik-baik dan tunjukkan ketertarikan pada semua yang anak katakan. Jangan menyela saat dia berbicara sampai dia menyelesaikannya.

5. Sesuaikan diri dengan kapasitas anak

Dalam berdialog dengan anak, maka orang tua harus menyesuaikan diri dengan umur dan pengalaman hidup anak. Anak tidak akan mampu menyesuaikan dirinya dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki orang tua. Karena itu, orang tua perlu menghindari gaya dialog yang biasa digunakan kepada orang-orang dewasa.

6. Berbicara tentang minat anak

Orang tua perlu dialog dengan anak soal minat, seperti membicarakan berbagai hal yang disukainya. Atau olahraga yang dia sukai atau seni yang dia praktikkan, seperti menggambar. Dengan membicarakan topik yang anak sukai, maka ia akan senang bersamamu dan akan membuka banyak pintu yang mungkin selama ini tertutup.

7. Menangani kesalahan dengan baik

Jika anak mengakui suatu kesalahan kepada orang tua, maka atasi dengan cara yang halus dan baik. Berhati-hatilah agar tidak bersikap terlalu kasar, karena bisa jadi setelah itu anak tidak akan mengakuinya lagi kepada orang tuanya. Jika ini yang terjadi, orang tua akan kehilangan kesempatan untuk memperbaiki kesalahan anak.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement