Kamis 14 Sep 2023 14:40 WIB

Sejarah Kemunculan Abaya di Timur Tengah yang Kemudian Dilarang Prancis

Abaya di Timur Tengah tidak hanya untuk wanita, tetapi juga laki-laki.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Abaya
Foto:

Hal itu mengakibatkan perubahan spesifikasi abaya sampai batas tertentu. Abaya hadir dengan desain yang berbeda-beda, dan warna yang bermacam-macam sebagai alternatif dari warna hitam tradisionalnya.

Dilansir di Almrsal, meski demikian, ada pakem-pakem dalam menggunakan abaya agar tidak melanggar syariat Islam. Hukum syariat dengan segala ketentuan yang dikandungnya tentu selaras dengan perkembangan zaman, termasuk dalam menggunakan abaya.

Mengingat adanya perkembangan dalam desain abaya, maka pakaian abaya bagi seorang muslimah harus sesuai dengan apa yang dibolehkan dalam Islam. Pakaian abaya tidak boleh menyimpang dari kaidah-kaidah berbusana muslimah yang telah ditetapkan dan yang telah disahkan oleh syariat, dan diperjelas secara umum dan rinci.

Pakaian abaya terus mengalami perkembangan, baik dari segi desain dan corak warna, tetapi ada syarat tertentu agar tidak melanggar prinsip-prinsip yang telah ditetapkan dan disepakati dalam syariat Islam.

Kaidah Berpakaian Abaya

Pertama, abaya harus menutupi. Salah satu syarat pokok abaya wanita adalah harus menutupi seluruh bagian tubuh, tanpa memperlihatkan daya tarik apapun. Harus menutupi seluruh bagian, termasuk bagian bawah leher. Ini karena ada beberapa abaya dengan desain tertentu yang dapat menyebabkan suatu bagian tubuh terlihat.

Karena itu, abaya harus menutup sempurna seluruh bagian tubuh. Termasuk bagian atas kaki saat berjalan, dan area lengan yang juga harus ditutup. Pada bagian lengan, abaya tidak boleh dibuat lebar karena jika longgar, dapat menyebabkan lengan terlihat saat bergerak.

Kedua, warna abaya tidak boleh mencolok. Terkadang ada abaya dengan desain warna-warni dan hiasan yang sangat menarik perhatian wanita saat memakainya. Hal ini kemungkinan menjadi mencolok karena jenis kain yang digunakannya.

Misalnya, salah satu jenis kain yang disebut "Salona" yang pernah menjadi tren di tahun 2000-an di kawasan Teluk. Kain ini sangat berkilau sehingga menarik perhatian saat dikenakan karena memberikan keanggunan pada pakaian. Ada juga beberapa desain yang menghiasi abaya, dan ditambahkan lobus mengkilap sehingga memberikan penampilan yang menarik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement