Rabu 13 Sep 2023 22:50 WIB

Baitul Makmur yang Menjadi Tempat Sholat 70 Ribu Malaikat, Di mana Lokasinya?  

Baitul Makmur adalah tempat mulia yang dihuni banyak malaikat.

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Suasana kota Makkah.  Baitul Makmur adalah tempat mulia yang dihuni banyak malaikat
Foto: Antara/Aji Styawan
Suasana kota Makkah. Baitul Makmur adalah tempat mulia yang dihuni banyak malaikat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Ada sebuah tempat di mana pada malaikat beribadah. Tak ada manusia yang pernah melihat tempat itu selain Nabi Muhammad SAW ketika peristiwa Isra dan Miraj. Tempat itu adalah Baitul Makmur. 

Di tempat itulah para malaikat beribadah. Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa sebanyak 70 ribu malaikat tawaf dan sholat di Baitul Makmur. 

Baca Juga

ثَبَتَ فِى الصَّحِيْحَيْنِ أَنَّ رَسُوْلَ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فِى حَدِيْثِ اْﻹسْرَاءِ بَعْدَ مُجَاوَزَتِهِ إِلَى السَّمَاءِ السَّابِعَةِ: ثُمَّ رُفِعَ بِى إلَى البَيْتِ الْمَعْمُوْرِ وَاِذَا هُوَ  يَدْخُلُهُ كُلَّ يَوْمٍ سَبْعُوْنَ اَلْفَ مَلَكٍ لَا يَعُوْدُوْنَ اِلَيْهِ ﺁخِرَ مَا عَلَيْهِمْ. (رواه البخاري ومسلم 

“Terdapat dalam Sahih Bukhari dan Sahih Muslim bahwa Rasulullah saw bersabda dalam hadis tentang Isra' sesudah melampaui langit ketujuh, kemudian aku diangkat ke Baitul Makmur, tiba-tiba di sana kulihat 70 ribu malaikat masuk setiap hari dan mereka tidak akan kembali lagi setelah itu” (Riwayat al-Bukhārī dan Muslim). 

 

Maksud hadits di atas bahwa para malaikat itu beribadah dan melakukan tawaf di sana (Baitul Makmur) seperti halnya manusia di bumi melakukan tawaf di Kabah Makkah. Begitulah keadaan para malaikat itu.

Para sahabat juga pernah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang Baitul Makmur. Rasulullah SAW kemudian menjelaskan bahwa Baitul Makmur adalah masjid di langit yang searah dengan Ka'bah. Di tempat itu 70 ribu malaikat melaksanakan sholat. 

Baca juga: 5 Fakta Ini Jelaskan Mengapa Bangsa Romawi Diabadikan dalam Alquran

 

Kemudian Qatādah, Rābi‘ bin Anas dan As-Suddi berkata, bahwa Rasulullah SAW pada suatu hari berkata kepada para sahabat:

هَلْ تَدْرُوْنَ مَاالْبَيْتُ الْمَعْمُوْرُ؟ قَالُوْا: اللّٰهُ وُرَسُوْلُهُ اَعْلَمُ قَالَ: فَاِنَّهُ مَسْجِدٌ  فِى السَّمَاءِ بِحِيَالِ الْكَعْبَةِ لَوْ خَرَّ لَخَرَّ عَلَيْهَا يُصَلِّى فِيْهِ كُلَّ يَوْمٍ سَبْعُوْنَ اَلْفَ مَلَكٍ اِذَا خَرَجُوْا مِنْهُ لَمْ يَعُوْدُوْا ﺁخِرَمَا عَلَيْهِمْ .(أخرجه ابن جرير)

“Tahukah kamu apakah Baitul Makmur itu? Mereka menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui” Rasulullah berkata, “Baitul Makmur ialah sebuah masjid di langit yang searah dengan Ka'bah dan apabila (seseorang dari sana) jatuh, maka akan jatuh di atas Ka'bah, di sana sholat 70 ribu malaikat setiap hari apabila mereka keluar dari sana, tidak akan kembali lagi” (Riwayat Ibnu Jarir). 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement